Live 10 Jam, Ulang Tahun kumparan Super5tars Sedot Perhatian Lebih dari 500 Ribu Penonton

Founder & CEO kumparan, Hugo Diba, dan Co-Founder & Chief of Storyteller kumparan, Yusuf Arifin, di kumparan’s 5th Anniversary Super5tars

Founder & CEO kumparan, Hugo Diba, dan Co-Founder & Chief of Storyteller kumparan, Yusuf Arifin, di kumparan’s 5th Anniversary Super5tars

Like

Jakarta, 31 Januari 2022 - kumparan sukses menyelenggarakan kumparan’s 5th Anniversary: #Super5tars yang digelar secara virtual pada Sabtu, 29 Januari 2022. Sebanyak 515.210 penonton menyaksikan acara yang berlangsung secara live selama 10 jam tersebut.
 

kumparan’s 5th Anniversary: Super5tars.

kumparan’s 5th Anniversary: Super5tars.


kumparan Super5tars dibuka oleh ucapan selamat ulang tahun dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan sepanjang lima tahun kumparan telah memberikan warna tersendiri bagi dunia pers di Tanah Air dengan sudut pandang dan gaya bercerita yang menarik.

“Selamat ulang tahun ke-5, kumparan. Teruslah memberitakan kebenaran di tengah maraknya disinformasi. Lakukan terobosan-terobosan untuk menjadi media yang mencerdaskan pembacanya,” kata Presiden Jokowi.
 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam kumparan’s 5th Anniversary: Super5tars

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam kumparan’s 5th Anniversary: Super5tars


Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin juga memberikan selamat ulang tahun kepada kumparan. Bagi Wapres Ma’ruf, kumparan mampu menjadi salah satu media yang tidak hanya memproduksi berita, tapi juga dapat menggandeng masyarakat untuk menjadi kontributor informasi dengan memadukan prinsip jurnalisme yang cerdas, bertutur, dan berbasis teknologi.

“Selain menguatkan literasi dan pengetahuan, kumparan harus berkontribusi dalam membangun optimisme serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui konten-konten yang bernuansa kerukunan. Selamat ulang tahun yang ke-5 untuk kumparan. Semoga semakin maju dan terdepan dalam menyajikan ragam informasi yang cerdas dan akurat kepada masyarakat,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.


Selain dari Presiden dan Wakil Presiden RI, kumparan juga mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari berbagai pejabat publik seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tak ketinggalan juga ucapan selamat datang dari pemangku kepentingan lain seperti pimpinan berbagai perusahaan di Indonesia.

Founder & CEO kumparan, Hugo Diba, dan Co-Founder & Chief of Storyteller kumparan, Yusuf Arifin, berbagi cerita tentang awal mula kumparan hingga pencapaian yang telah didapat selama 5 tahun belakangan ini.

Yusuf Arifin—atau sering disapa Dalipin—bercerita sejak awal para pendiri bersepakat untuk membangun kumparan dengan inovasi sebagai nyawa utamanya. Banyak inovasi yang telah dilahirkan selama 5 tahun terakhir dengan berpegang pada tiga pilar yakni excellence in journalism, excellence in technology, dan excellence in storytelling.

“Selama 5 tahun kumparan berdiri kami tidak pernah membuka diri ke publik, bercerita tentang alasan kumparan didirikan, gagasan yang mendasari, tentang mimpi-mimpi pendirinya ketika memulai dan ke mana kumparan akan dibawa. Lima tahun mungkin belum sebuah perjalanan yang panjang, tetapi kumparan telah memapankan diri sebagai salah satu media terkemuka di Indonesia,” jelas Dalipin.

Sejak awal, Hugo dan para pendiri kumparan lainnya sepakat untuk tak hanya sekadar mendirikan perusahaan media, tapi mengembangkan sebuah ekosistem di dalam kumparan. Program 1001 Media, kumparan+, Ngumpar, dan IC menjadi beberapa inovasi yang dikembangkan untuk menuju ke arah sana.

“Pada akhirnya yang kita kembangkan adalah suatu ekosistem media di dalam ekosistem kumparan itu sendiri,” ungkapnya.

Ulang tahun kumparan yang ke-5 kali ini diadakan secara live di Youtube kumparan selama 10 jam nonstop. Berbagai program pun dihadirkan untuk meramaikan ulang tahun kumparan yang bertajuk #Super5tars kali ini.

Ada program Meet with The Stars yang menghadirkan Vincent & Desta. Kemudian, program Chit-chat with the Star yang menghadirkan selebgram Clarissa Putri; pemenang puluhan medali emas olimpiade matematika Devon Kei Enzo & Mischa Aoki; Farhan Zubedi; serta Sabrina Anggraini.
 

Vincent dan Desta selaku CEO dan Founder Vindes Corp di program Meet with The Stars ketika kumparan 5th Anniversary: Superstars

Vincent dan Desta selaku CEO dan Founder Vindes Corp di program Meet with The Stars ketika kumparan 5th Anniversary: Superstars

Ada juga Belajar Bareng Bintang menghadirkan beauty content creator Ashilla Sikado dan influencer Eva Alicia, Podcast Bareng Bintang bersama Staf Khusus Presiden RI Ayu Kartika Dewi dan Aul @tutorialhidub, pertunjukan sulap di Feel The Vibe bersama Rynku Viceroy, dan permainan Are You Smarter melawan Baldtwins.

Program hiburan lainnya adalah Mak Comblang, Lelang Donasi, Live Giveaway, Twogether with The Stars bersama Mark & Anggi, kumparanFM x Super Deals bareng komika Bintang Emon dan Bintang Timur, serta kumparanFM Music Session dengan Teddy Adhitya dan Tiara Andini. Pada ulang tahun yang ke-5 kali ini, kumparan didukung oleh Le Minerale, Indosat Ooredoo Hutchison, PLN, BNI, Fiesta Nugget, dan Enesis Group.

Lima tahun sejak berdiri pada 17 Januari 2017, telah banyak pencapaian yang diraih kumparan; kepercayaan dari (lebih dari) 80 juta pembaca, penghargaan-penghargaan dari berbagai pihak—lokal dan internasional, dan juga afirmasi dari jajaran tertinggi policy maker di Indonesia termasuk Presiden Jokowi, prominent figures, dan key opinion leaders. Hugo melihat pencapaian tersebut lebih dari sekadar milestone yang telah diraih tetapi juga motivasi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar dalam 5 tahun mendatang.

“Apa yang membuat kita bisa sampai di titik ini, saya selalu percaya kepada dua hal. Pertama, kepercayaan atau trust dari para rekan yang bergabung dari awal sampai dengan hari ini. juga kepercayaan dari pada stakeholders, shareholders, termasuk para pembaca. Kedua, kekompakan atau solidity tim yang menjadi modal kita dari awal sampai sekarang,” jelas Hugo.

Lima tahun tentu belum menjadi perjalanan yang panjang dan kumparan masih akan terus berinovasi untuk para pembacanya.