Lakukan Ini Agar Peforma Costumer Service Bisnismu Meningkat

Costumer Service | Sumber. Freepik

Costumer Service | Sumber. Freepik

Like

Setiap bisnis yang berdiri pasti memiliki seseorang Costumer Service. Secara garis besar, Costumer Service merupakan sebuah profesi yang akan melayani costumer.

Sebuah produk yang bagus saja tidak cukup. Perlu adanya seseorang Costumer Service yang bisa menjadi garda terdepan dalam pelayanan konsumen.

Tanpa disadari, jika peforma Costumer Service tidak baik, maka akan berpengaruh kepada konsumen yang enggan mampir membeli produk kamu. Sehingga, optimalisasi seseorang Costumer Service perlu diperhatikan.

Berbeda hal nya jika seseorang Costumer Service melakukan pelayanan secara humanis. Maka, akan tercipta rasa aman, mudah, dan menyenangkan bagi konsumen.

Jika hal tersebut bisa kita lakukan dengan optimal, maka si pelanggan akan merasa puas. Selain itu, pelayanan yang baik dari Customer Service bisa menjaga hubungan baik bisnismu dengan konsumen yang lama.


Baca JugaIni Tanda Kamu Sudah Memberikan Nilai Lebih untuk Customer

 

3 Hal Tingkatkan Perfroma Customer Service

Jika Costumer Service kamu tidak maksimal, maka kamu perlu melakukan 3 hal ini supaya peforma Costumer Service bisnismu meningkat:
 

1. Melakukan Optimalisasi pelayanan

Hal utama yang harus dilakukan adalah dengan cara menciptakan ekosistem percakapan yang baik dan ramah. Pastikan saat kamu melakukan pelayanan dengan tidak memakan waktu yang lama.

Selain itu, beri hal-hal yang lucu agar suasana percakapan menjadi lebih menyenangkan. Pilihlah Costumer Service yang memiliki value adaptif saat berkomunikasi. Dari peningkatan kualitas pelayanan tersebut, seorang costumer akan merasakan manfaatnya.
 

2. Buat Ekosistem Komunitas

Costumer merupakan aset yang sangat bernilai dalam bisnismu. Bisa kamu bayangkan jika suatu saat nanti konsumen kamu akan pergi atau pindah ke produk kompetitor?

Tentu hal tersebut harus kita antisipasi sejak dini. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan cara membuat sebuah forum atau grub diskusi yang bisa menyatukan para konsumen anda.

Secara garis besar manfaat nya meliputi:
• Lebih efektif dalam berkomunikasi dengan Konsumen.
• Menyediakan akses dan ruang interaksi serta saling sharing.
• Bisa meningkatkan rasa kekeluargaan dan engagement antara perusahaan dan konsumen.
• Dapat dengan mudah mengedukasi para pelanggan terhadap produk baru yang kita buat.
• Mendapatkan feedback secara langsung dari konsumen, untuk peningkatan nilai produk anda.
 

3. Tepat Janji

Banyak yang dilupakan oleh para Costumer Service adalah janji. Ketika seorang Costumer Service Melakukan sebuah kesepakatan ataupun janji maka perlu ditepati, supaya tingkat trust costumer bisa tetap terjaga.

Proses pendekatan kepada konsumen sangat perlu untuk kita lakukan. Supaya kita mampu menjaga pelanggan agar tetap setia pada produk yang kita tawarkan. Selain itu, juga aka tercipta sebuah ekosistem Konsumen yang dapat kita buat.