3 Skills Dasar untuk Bisa Ciptakan Ekosistem Bisnis Online

Ekosistem Bisnis  | Sumber. Freepik

Ekosistem Bisnis | Sumber. Freepik

Like

Saat ini, ketika mau memasarkan sebuah produk ataupun jasa, kita tidak perlu lagi susah payah membuat toko ataupun datang ke pasar tradisional. Perkembangan digitalisasi bisa kita manfaatkan sebagai wadah untuk tempat berjualan produk kita.

Hingga saat ini, sudah tercatat banyak sekali perusahaan bisnis yang menyasar konsumen melalui penjualan online.

Penjualan online bisa kita lakukan dengan beragam media. Kamu bisa membuat akun toko onlinemu di E-Commers, Instagram, Facebook, dan media lainnya.

Semua platform tersebut telah tersedia dan bisa kita gunakan. Namun yang manjadi kendala, apakah kamu telah memiliki keahlian untuk bisa mengelola toko dan media online tersebut?

Bagi kamu yang baru merintis usaha mu terutama para rekan-rekan UMKM, perlu sekali untuk memahami apa saja skills yang dibutuhkan saat kamu mau membuat dan mengelola toko online mu.


Berikut penulis akan mencoba merangkum 4 skills dasar yang harus kamu miliki saat akan membuat ekosistem bisnis online. Berikut adalah penjelasannya:
 

1. Keahlian desain grafis

Jika berbicara mengenai media digital, pasti ada kaitannya dengan pembuatan desain grafis. Desain grafis menjadi hal sangat krusial dan penting, karena jika template desain yang kamu buat bagus, maka akan menarik minat konsumen.

Berbeda halnya jika desain grafis yang dibuat secara asal-asalan, maka hasilnya pun bisa jadi tidak disukai calon kosumenmu. Perencanaan desain grafis bisa kamu aplikasikan pada website bisnismu, serta media sosial seperti Instgram, Facebook dan lainnya.

Disarankan, saat kamu melakukan pembuatan desain, sebaiknya menggunakan laptop supaya hasilnya lebih masksimal.
 

2. Keahlian dalam copywriting

Keahlian kedua yang bisa kamu lakukan yaitu kreatifitas dalam menulis. Di dalam bisnis online yang nantinya akan kamu pasarkan, kamu perlu merangkai kata-kata yang menarik dan interaktif.

Pastikan kamu selalu mempelajari hal-hal baru, seperti kosa kata baru. Selain itu, kamu harus memiliki wawasan yang sesuai dengan perkembangan zaman.
 

3. Keahlian dalam online ads dan iklan

Dunia digital sangat memerlukan database atau sistem tata kelola. Sehingga, kamu bisa mengetahui seberapa besar orang yang berkunjung pada toko onlinemu.

Selain itu, kamu perlu menentukan siapa target iklanmu dan kapan kamu akan mempublish iklanmu. Beberapa pertimbangan tersebut perlu dilakukan agar optimalisasi iklanmu bekerja baik dan menghindari boncos pada biaya iklan.

Dalam pendirian dan pengembangan toko online, kita perlu memetakan dengan baik agar saat kamu melakukan pemasaran bisnis secara online, produk kamu mampu dilirik dan minati oleh para calon konsumen.

Baca Juga: Bermanfaat Buat Bisnis Online, Kenali Dulu Yuk Apa Itu Google Shopping Ads