Tak Hanya UMKM, Kini Usaha Ultra Mikro Juga Dapat Bantuan dari Pemerintah

Contoh Usaha kecil

Contoh Usaha kecil

Like

Kamu punya usaha kecil-kecilan / ultra mikro? dengan modal terbatas? atau bahkan tidak punya modal untuk melanjutkan usaha tersebut?   
 
Ultra Mikro adalah usaha mikro yang berada pada lapisan terbawah yang belum bisa diberikan fasilitas perbankan melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat).
 
Tapi kini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena pemerintah memberikan kemudahan pinjaman atau bantuan sosial untuk usaha ultra mikro dengan adanya program UMi
 
Program Umi adalah suatu program bantuan sosial dari pemerintah melalui Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) sebagai koordinator Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) untuk masyarakat yang memberikan fasilitas pembiayaan maksimal Rp10 juta per nasabah yang disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).
 
LKBB penyalur UMi di antaranya :
1. PT Pegadaian (Kreasi UMi)

2. PT Bahana Artha Ventura (Koperasi)  
3. PT Permodalan Nasional Madani (Meekar)
 
Di masa pandemi seperti saat ini menjadi tantangan yang sangat berat untuk pelaku usaha ultra mikro. Banyak pelaku usaha yang gulung tikar lantaran tidak ada pemasukan atau kekurangan modal dan banyak masyarakat yang kehilangan pekrjaannya.  
 
Dengan adanya program Umi tersebut, diharapkan kita sebagai masyarakat bisa memanfaatkan program bantuan sosial tersebut untuk merintis usaha,atau menambah modal untuk memperkuat usaha yang sedang kita jalankan.  
 
Adapun, persyaratan untuk mendapatkan UMi diantaranya:
1. Tidak sedang dibiayai / terkait pinjaman di lembaga keuangan/koperasi
2. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan Elektronik 
3. Memiliki surat keterangan usaha dari penyalur / Izin Usaha

Dari program UMi tersebut kita bisa mendapatkan modal untuk bangkitkan kembali usaha yang kita miliki untuk memenuhi kebutuhan dan bertahan hidup.

Bahkan, sudah banyak pelaku usaha ultra mikro yang bangkit kembali dan mulai merintis usaha kecilnya berkat bantuan modal dari Program UMi ini.

Program ini sangat bermanfaat dan memberikan angin segar untuk bangkitkan kembali usaha kecil dan antusiasme masyarakat untuk memulai menjadi seorang pengusaha semakin besar berkat program ini karena sudah memberikan kemudahan untuk mendapatkan modal usahanya.
 
Demikian uraian mengenai Program UMi bantuan sosial dari pemerintah untuk pelaku usaha ultra mikro,Saatnya Bangkit Bersama UMi!

Sekian semoga bermanfaat.