Perlu Diasah, 6 Skills ini Bisa Menghasilkan Cuan

Perlu Diasah, 6 Skills ini Bisa Menghasilkan Cuan

Perlu Diasah, 6 Skills ini Bisa Menghasilkan Cuan

Like

Be-emers nyangka gak sih kalau skills atau keterampilan yang biasa dilakukan sehari-hari ini ternyata bisa mendatangkan cuan. Tanpa disadari banyaknya berbagai kebutuhan manusia semakin hari banyak yang mengalami perubahan, keterampilan yang mungkin dari kecil biasa dilakukan di kehidupan sehari-hari ternyata jika ditekuni bisa juga dijadikan mata pencaharian.

Pun juga dari berbagai hobi, dalam dunia kreatif dengan pemasaran yang bagus kini hasil karya dan lain sebaginya bisa kita jual dan mendatangkan cuan. Nah, berikut Be-emin rangkumkan beberapa skills atau keterampilan yang mungkin sudah lama kamu jalani dan saatnya kini bisa kamu jadikan bisnis.
  • Menggambar

Bagi Be-emers yang hobi corat-coret kalian bisa lo jual hasil gambar kalian. Kalau kamu suka menggambar wajah, jelas kamu bisa manfaatkan skills kamu untuk membuat karikatur dan bisa ditawarkan melalui media sosial.

Gambar juga bisa lo diaplikasikan dan digabung dengan desain grafis, hasilnya nanti kalian akan menghasilkan vector art, atau visual art yang saat ini bisa dijadikan NFT.

  • Memasak

Kalau Be-emers suka mendalami hobi memasak coba deh sekarang untuk lebih sering mengasah skills memasak dan mencoba memotret hasil masakan kalian.

Bisnis catering, ataupun bisnis makanan online saat ini juga sedang hype lo dikalangan millenials. Apalagi kalau kalian bisa menciptakan sebuah menu baru yang tidak ketinggalan tren.

 

Keterampilan fotografi yang bisa mendatangkan cuan. Image. Canva

Keterampilan fotografi yang bisa mendatangkan cuan. Image. Canva

  • Fotografi

Hobi ini mungkin bisa dibilang skills yang harus selalu dilatih agar kemampuannya maksimal. Belajar fotografi saat ini memang lebih mudah karena perkembangan teknologi, apalagi untuk saat ini hamper di semua smartphone sudah terdapat fasilitas kamera.


Memang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kita butuh kamera dengan resolusi yang lebih besar, namun untuk beberapa jenis foto kamera ponsel pun saat ini sudah sangat memadahi.

Dengan skill fotografi dengan ponsel sekarang bisa kita jual di website jual beli foto Shutterstock, Adobe Stock, Dreamstime, iStockphoto.com, dan lain-lain.

Selain itu, dengan karya fotografi yang dikombinasikan dengan karya desain grafis bisa juga dijual sebagai NFT seperti yang sedang tren saat ini.

  • ????Menulis

Jangan salah, hobi menulis ternyata juga bisa mendatangkan cuan lo bahkan bisa mendapat hingga ratusan juta jika tulisan kita diminati orang.

Kok bisa? Di era digital seperti saat ini skills menulis memang banyak sekali dibutuhkan di hamper semua bidang. Jadi jangan anggap remeh ya kalau saat ini kamu sudah memiliki hobi menulis meski hanya menulis diari atau puisi.

Berikut contoh beberapa jenis pekerjaan dari menulis yang bisa mendatangkan uang jika kalian tekuni dengan serius.

  1. Menulis di Blog
  2. Menulis novel
  3. Script writers
  4. Content writers
  5. Penulis lepas
  6. Penulis naskah, dan lain-lain.
 

Skills yang bisa dijadikan peluang usaha. Image. Canva

Skills yang bisa dijadikan peluang usaha. Image. Canva

 
  • Komunikasi

Untuk skills ini memang harus diasah terus ya Be-emers, salah satu cabang komunikasi yang paling banyak dibutuhkan adalah public speaking. Dengan kemampuan public speaking yang bagus  selain untuk meningkatkan rasa percaya diri kalian bisa juga mendapatkan cuan dari skills ini.

Dengan memiliki public speaking yang bagus kalian bisa menjadikan pekerjaan yang keren seperti Penyiar, Host, MC, Public Relation, dan lain-lain.

  • Menjahit

Memiliki keterampilan yang satu ini pastinya akan sangat bermanfaat lo Be-emers, selain jasanya juga banyak dicari orang, kita juga bisa memanfaatkan keterampilan ini untuk membuat baju dan memasarkannya dengan nama brand kita sendiri.
 
Nah itu dia Be-emers 6 keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis rumahan, dengan berlatih dan kerja keras serta konsistensi keterampilan-keterampilan ini bisa berbuah manis jika ditekuni serius. Jadi, buat Be-emers bulatkan tekad dan selamat mencoba ya!
 

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung