Pentingnya NPWP untuk Milenials

Ilustrasi pentingnya NPWP untuk Milenials. Image Canva

Ilustrasi pentingnya NPWP untuk Milenials. Image Canva

Like

Be-emers kalian tahu nggak NPWP?

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

NPWP ternyata sangat penting untuk kita, banyak hal dan kebutuhan saat ini mewajibkan untuk melampirkan NPWP.

Di artikel ini, Be-emin akan mengulas beberapa manfaat dari memiliki NPWP:

1.Melamar Pekerjaan


NPWP biasanya menjadi syarat wajib saat kalian akan melamar pekerjaan, tidak perlu kaget kalau perusahaan meminta karyawan untuk memiliki NPWP.  NPWP digunakan perusahaan untuk pemotongan Pajak PPh Pasal 21 saat perusahaan membayar gaji kepada karyawan setiap bulannya.

2 . Membuka Rekening Bank

Ketika kalian hendak membuka rekening tabungan di bank, maka akan diwajibkan untuk menyerahkan NPWP agar bank bisa melakukan verifikasi data. Peraturan Bank Indonesia menyebutkan bahwa calon nasabah diminta untuk menyerahkan nomor NPWP  untuk mencegah pencucian uang dan lainnya.

3 . Membuat Paspor

Kegunaan NPWP lainnya yang tidak kalah yakni diperlukan untuk pembuatan paspor. Sejumlah persyaratan untuk membuat paspor adalah memiliki KTP , NPWP, dan juga Kartu Keluarga (KK).

4. Mengajukan Kredit ke Bank

Jika Be-emers ingin mengajukan kredit apapun ke bank atau lembaga keuangan, maka mereka meminta dokumen diantaranya NPWP sebagai tambahan data untuk proses verifikasi. Fungsi dan kegunaan NPWP sebagai identitas peminjam saat bank memotong pajak atas bunga pinjaman.

5. Menghindari Tarif Pajak yang Tinggi

Yang membedakan antara kamu memiliki NPWP dengan tidak adalah tarif yang akan dikenakan. Mereka yang tidak memiliki NPWP, maka PPh Pasal 21 yang lebih besar 20?ri mereka yang memiliki NPWP.  Sementara untuk tarif PPh Pasal 23, pembayaran pajaknya bisa menjadi dua kali lipat, itulah pentingnya kamu harus punya NPWP.

6. Melakukan Transaksi Jual Beli Properti

NPWP juga sangat berguna dalam transaksi jual beli properti ketika kamu membeli rumah, apartemen, atau ruko dari perusahaan pengembang.  NPWP juga berguna saat kamu menjual properti kepada orang lain, dalam transaksi jual beli ini akan membutuhkan NPWP sebagai salah satu dokumen wajib.

7.  Membeli Produk Investasi

Kegunaan NPWP lainnya adalah saat ingin melakukan pembelian produk investasi, kamu harus melampirkan NPWP. NPWP menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat mengajukan pembelian produk investasi seperti reksadana, saham, dan lainnya.

Nah itu tadi sejumlah manfaat ketika kita memiliki NPWP. Dengan memiliki NPWP kita secara tidak langsung telah memberikan sumbangsih untuk keuangan negara.

Be-emers jangan menganggap tidak mendapat apa-apa dari membayar pajak, pajak penghasilan yang kita bayarkan dengan kepemilikan NPWP akan disalurkan kembali dalam bentuk yang berbeda. Contohnya pembangunan jalan raya, jembatan, puskesmas, rumah sakit, sekolah, fasilitas olahraga, dan fasilitas umum lainnya.