Pohon Bambu dan Peluang Bisnis

Pohon Bambu dan Peluang Bisnis Ilustrasi. Image Canva

Pohon Bambu dan Peluang Bisnis Ilustrasi. Image Canva

Like

Bambu adalah salah satu tanaman yang bisa tumbuh subur di hampir setiap daerah di Indonesia. Be-emers tahu nggak kalau tanaman bambu ini banyak sekali manfaat yang bisa jadi inspirasi untuk memulai bisnis.
Tanaman berongga ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, peralatan rumah tangga, alat musik  jam tangan dan produk kreatif lainnya.

Bahkan pohon bambu ini sudah bisa dimanfaatkan ketika masih menjadi tunas atau yang sering kita sebut rebung. Berbagai masakan seperti lumpia, sayur lodeh, dan sayur rebung memanfaatkan bahan baku ini untuk dimasak dan dijadikan panganan yang enak untuk dikonsumsi. Menurut penelitian, ternyata rebung memiliki nilai gizi yang cukup tinggi lho Be-emers. Akhir-akhir ini rebung sangat populer di negara-negara Barat. Sehingga rebung berpotensi sebagai komoditas ekspor.

Dilihat dari segi bisnis, ternyata bambu juga berpotensi membawa banyak nilai bagi perekonomian. Berbeda dengan pohon kayu, budidaya bambu ini cenderung membutuhkan biaya yang  lebih rendah rendah, sehingga mengurangi beban investasi bagi petani.

Dari sisi daunnya, daun bambu segar bisa digunakan untuk bahan pembungkus untuk membuat masakan, sementara daun bambu kering bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan pupuk organik. Batang bambu baik yang tua maupun yang muda sangat berguna untuk berbagai keperluan, dapat juga digunakan sebagai keperluan secara tradisional seperti membangun rumah, mulai dari atap, dinding, peralatan dapur hingga alat musik tradisioal,

Bagi Be-emers yang memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi bambu ini bisa juga kalian gunakan sebagai bahan baku untuk kerajinan yang memiliki nilai ekonomi dan seni yang tinggi. Contoh kerajinan yang terbuat dari bambu adalah lampu hias, karya miniature, anyaman, frame kacamata, hinigga jam tangan dan masih banyak yang lainnya.

 

Pohon Bambu dan Peluang Bisnis Ilustrasi. Image Canva

Pohon Bambu dan Peluang Bisnis Ilustrasi. Image Canva

 

Secara Ekologi


Selain banyak manfaat yang bisa memunculkan peluang usaha, di sektor ekologi pohon bambu ternyata juga memiliki banyak manfaat. Pohon bambu dalam penelitian diketahui memiliki fungsi untuk meningkatkan volume air bawah tanah, konservasi lahan, perbaikan lahan, dan penahan gempa.

Be-emers kalau di dekat rumah kalian banyak nggak pohon bambu? Atau kalian sudah mulai menanam bambu? Menarik ya ternyata manfaat-manfaat dari pohon bambu ini. Siapa tahu dengan memanfaatkan pohon bambu kalian bisa menciptakan kreasi seni yang juga bisa berpeluang untuk mendapatkan cuan lho.

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.