Asah Kreatifitas Masak Selama Bekerja di Rumah

Lasagna buat bekal ngantor

Lasagna buat bekal ngantor

Like

Menjalani Work From Home (WFH) saat masa pandemi COVID-19 selama beberapa bulan, ternyata tak melulu menyenangkan. Rasa bosan mulai melanda banyak orang saat memasuki pekan kedua karantina, apalagi kurangnya sosialisasi dari pemerintah ditambah keyakinan sebagian masyarakat bahwa pandemi akan segera berlalu, membuat banyak pihak tetap memilih untuk beraktivitas seperti biasa. Jalan-jalan mulai dipadati kendaraan dan lalu lalang orang.

Saya sendiri yang memang termasuk introvert, justru merasa lebih nyaman dengan tetap berada di rumah. Menghabiskan waktu dengan menonton film atau tayangan video di Youtube, belajar ukulele (meski akhirnya teronggok setelah beberapa kali latihan heheh), bahkan mencoba beberapa resep yang sempat viral di media sosial Twitter pun saya lakukan. Dan rasanya cukup menyenangkan, seperti diberi kesempatan untuk menjalani sebuah hidup yang baru. Sama sekali enggak ada yang namanya bosan hahaha

Tentu saja tak semua resep bisa langsung saya aplikasikan. Setelah menyesuaikan ketersediaan alat dan bahan baku, serta mempertimbangkan proses pembuatan yang paling mudah, saya juga harus menyediakan waktu yang cukup untuk eksekusi. Duh, udah kayak mau perang aja hahah

Penasaran enggak sih sama makanan apa saja yang pernah saya buat? Yuk intip ceritanya..


ES PISANG IJO

Saya yang biasanya mager alias males gerak, suatu pagi tiba-tiba tercetus ide pengen makan Es Pisang Ijo. Setelah sekitar dua jam cari-cari referensi  di Youtube, saya mulai belanja bahan. Bagi saya yang pemula ternyata butuh waktu memasak hingga 3, dimulai dari proses mencampur bahan sampai makanan siap untuk disajikan. Dimulai dari mengukus pisang, membuat kulit ijo, menggulungnya, hingga membuat bubur sum-sum sebagai pelengkap. Bener-bener bikin capek!



Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo yang kala itu jadi sajian berbuka puasa pun saya bagi ke keluarga kakak. Bersyukurnya mereka memuji masakan saya. Ngeliat keponakan-keponakan begitu lahap menghabiskan isi piring bikin saya terharu banget! Seneng dan ngerasa kalau capek dan pegal langsung hilang seketika hahaha



BUBUR JAGUNG MANIS

Sejak munculnya usaha waralaba bubur jagung beberapa tahun yang lalu, saya belum pernah tertarik untuk membeli satu porsi pun. Jadi jujur saja, saya enggak pernah tahu persis bagaimana rasa makanan yang satu ini dengan pasti. Tapi saat melihat utas resepnya di media sosial Twitter, apalagi setelah mengetahui saat tahu kalau enggak banyak bahan yang dipakai,  saya langung tertarik untuk mencoba.



Bubur Jagung super enak

Bubur Jagung super enak

Perpaduan rasa gurih keju dan susu, bertemu dengan manisnya jagung, bikin saya enggak sadar terus nambah, nambah, dan nambah lagi. Masa bodo lah sama angka yang makin banyak di timbangan hahaha. Oh iya lagi-lagi saya juga ngirim bubur jagung ke rumah kakak, dan mereka bilang rasanya enak banget! Kakak saya bahkan samapai menyarankan agar saya sekalian buka usaha. Hemh, saran yang menarik..


DESSERT BOX PUDING BUSA

Kangen banget sama kue tart supermarket di Plaza Semanggi tapi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  di Jakarta yang mengharuskan semua mall tutup, memaksa saya untuk cari jalan biar tetep bisa mencicip makanan lembut dan manis itu. Jadilah saya ubek-ubek lagi channel Youtube masak memasak buta nemuin resep dessert box yang sesuai sama kemampuan masak amatir saya.



Dessert Box Puding Busa mantap

Dessert Box Puding Busa mantap

Saya perlu berkali-kali muter video sampai benar-benar paham setiap langkah dalam proses pembuatan dessert ini, dan sempat kesal sendiri karena lupa ngambil foto buat dokumentasi blog. Tapi lelahnya membersihkan dapur yang berantakan dan lengket karena cipratan susu dan telur, akhirnya terbalas  setelah cicip hasil akhir dessert box ini. Uwenakkk tenan!


LASAGNA SUPER HEMAT

Tingkat keisengan saya buat masak mulai meningkat saat memutuskan untuk nyoba bikin lasagna berkat permintaan sister in law alias kakak ipar yang budiman. Emang harga satu porsi lasagna di restoran tuh lumayan juga buat saya yang perhitungan ini, jadi memutuskan untuk mencoba membuatnya sendiri menjadi sebuah pengalaman yang sangat berharga buat saya.
 

Lasagna bekal ngantor

Lasagna bekal ngantor

Prosesnya tentu enggak semudah yang saya lihat di Youtube, tapi mencicip bagaimana hasil akhirnya bikin saya merasa bangga sendiri. Ternyata waktu isengku lumayan bermanfaat juga heheh

Setelah beberapa kali nyoba bikin makanan sendiri dan berhasil, ditambah artikel Cendra Tomodachi di www.bisnismuda.id yang membahas mengenai bagaimana cara menangkap peluang usaha pada masa pandemi, bikin saya tertarik juga untuk mulai buka usaha. By the way, kalian punya saran enggak makanan apa yang kira-kira paling cocok dibuat usaha?