Alasan Barang Branded Harganya Mahal, Kualitasnya Sesuai?

Ilustrasi Brand Branded. Image Canva

Ilustrasi Brand Branded. Image Canva


Be-emers, kalian pernah mikir nggak sih kenapa barang-barang branded itu harganya mahal? Emang sesuai kualitas barang itu dengan harganya yang selangit? Atau kira-kira apa ya faktor yang membuat barang branded itu bisa semahal itu?

Tak jarang orang mengoleksi barang branded ini harus mengeluarkan uang yang sangat banyak demi memenuhi kebutuhan sosial untuk mendapatkan barang branded yang dijual secara terbatas.

Bahkan nih Be-emers, saking mahalnya sekarang banyak juga muncul barang replika atau tiruan yang biasa disebut “KW” ini sengaja dibuat dan dijual karena orang hanya berfikir soal brand bukan kualitasnya.
 

Ilustrasi barang branded. Image Canva

Ilustrasi barang branded. Image Canva

Nah selain dengan branding merk barang yang sangat kuat, kira-kira faktor apaya yang membuat barang branded itu mahal?

Apakah kualitas barang branded ini juga sesuai dengan harganya? Be-emin coba buat ulasannya nih!

1. Kemewahan sesuai dengan harga

Yang paling membedakan barang branded yaitu identik dengan kemewahannya. Maka biasanya barang branded kualitasnya sangat sesuai dengan harganya karena biasanya dibuat satu per satu dengan sentuan tangan para desainer dan dengan pilihan bahan yang sangat premium.

Meski beberapa merk brand mewah mulai menawarkan pilihan harga ebih terjangkau tapi reputasi kemewahannya masih diperkuat dengan harga yang akan dibayar nanti.
 

Ilustrasi barang branded. Image Canva

Ilustrasi barang branded. Image Canva

2. Pembeli ingin merasa penting dan eksklusif

Bagi sebagian konsumen pengguna brand branded merasa semakin tinggi harga barang yang mereka beli, maka semakin mencerminkan persepsi sebuah kemewahan.


Banyak juga yang merasa semakin mahal barang maka tingkatan strata dalam kelas elit kekayaan dan kesuksesan juga semakin tinggi.

Jumlah produksi barang yang tidak banyak juga membuat pembeli merasa eksklusif jika memiliki barang branded tersebut.

3. Kualitas bahan tahan lama dan premium

Konsumen bersedia membayar mahal barang branded karena tahu kalua kualitas barang ini terjamin bagus, biasanya barang branded juga menggunakan bahan yang mahal dan premium.

Dengan demikian, brang brandid ini jauh lebih awet kualitasnya sesuai dengan harga jual yang mahal.
 

Ilustrasi barang branded. Image Canva

Ilustrasi barang branded. Image Canva

4. Barang branded mewah biasanya langka.


Barang branded biasanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas atau limited edition, alasannya selain memberikan rasa ekslusif bagi konsumen juga agar modelnya selalu bisa diperbarui.

Konsep inilah yang mendorong parakonsumen mau untuk membayar tinggi barang branded karena ekslusivitas dan pengakuan sosial dari lingkungannya.

Barang yang langka ini secara tidak langsung juga bisa menjadi investasi ke depannya, karena biasanya semakin lama harga barang justru akan semakin mahal karena  sudah tidak diproduksi lagi.

Jadi begitu Be-emers alasan-alasan kenapa barang branded itu harganya bisa mahal banget. Ada faktor kuat memang kenapa barang branded itu bisa dijual mahal dan tetap banyak dibeli oleh para konsumen.
Kalau Be-emers punya nggak barang branded?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.