Kamu Ingin Meningkatkan Kualitas Diri? Yuk, Mulai Tanamkan Kebiasaan-Kebiasaan Ini

Self improvement dicerminkan melalui kebiasaan (Sumber gambar: https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/b/1/b1f4a88650c898417c5e23f67908425c14669164.jpeg)

Self improvement dicerminkan melalui kebiasaan (Sumber gambar: https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/b/1/b1f4a88650c898417c5e23f67908425c14669164.jpeg)


Self Improvement dan Kebiasaan, Apa Hubungannya?

Self improvement atau yang biasanya juga disebut sebagai peningkatan kualitas diri nyatanya tidak serumit yang kalian pikirkan loh Be-emers. Umumnya, banyak orang yang masih mengalami kebingungan nih ketika ingin mulai menjalankan self improvement karena mereka tidak tau langkah pertama apa yang harus dilakukan.

Sejatinya, self improvement sendiri ini sangat dekat dengan apa yang menjadi habbits kita sehari-hari. Bahkan, kebiasaan yang kita bentuk dan lakukan dapat mencerminkan kualitas diri kita yang sebenarnya. Maka dari itu, apabila kalian ingin mulai meningkatkan kualitas diri, yuk mulai tanamkan kebiasaan-kebiasaan positif yang akan kita bahas setelah ini!



Beberapa Kebiasaan yang Dapat Kamu Lakukan untuk Self Improvement

1. Tentukan Tujuan dan Fokuslah Pada Proses


 

Tanpa tujuan kita tentu tidak memiliki arah capaian

Tanpa tujuan kita tentu tidak memiliki arah capaian (Sumber gambar: https://ybkb.or.id/wp-content/uploads/2019/11/3098-1024x683.jpg)


Tujuan adalah dasar utama dalam self improvement. Apabila kalian tidak mengetahui target yang ingin dicapai, maka akan sulit dalam membangun serta membentuk motivasi untuk meraihnya.  Tujuan yang kalian miliki pun harus memiliki pondasi niat yang kuat. Ingat, motivasi itu sebenarnya adalah dibentuk dari diri sendiri, bukan dicari.

Setelah tau apa tujuan yang ingin kalian capai, maka fokuslah terhadap proses yang kalian jalani. Cintailah setiap perjalanan yang kalian lalui. Jangan hanya fokus terhadap keinginan bahwa hasil akan datang secara instan. Namun, fokuslah terhadap pembenahan sistem-sistem diri karena apabila kalian memiliki sistem yang baik maka hasil yang akan kalian dapat pun tentu mengikuti.

  

2. Cari Pengalaman Seluas Mungkin

 

Carilah banyak pengalaman dengan mencoba hal-hal baru

Carilah banyak pengalaman dengan mencoba hal-hal baru (Sumber gambar: https://thumbs.dreamstime.com/b/experience-sign-28230508.jpg)



Mengeksplor pengalaman akan sangat berperan dalam memaksimalkan potensi diri yang kalian miliki. Terkadang masih banyak orang yang bingung akan kelebihan yang mereka punyai. Dengan mencari banyak pengalaman, kalian dapat mencoba bermacam-macam hal baru yang kemudian dapat mengantarkan diri kalian untuk menemukan potensi atau passion yang dapat menunjang kualitas diri kalian masing-masing. Eitss, perlu diingat, jangan selalu insecure dan membandingkan diri kalian dengan orang lain yaa, karena setiap orang tentu memiliki kelebihan yang berbeda-beda satu sama lain. Yang terpenting adalah kalian mengetahui nilai diri kalian dan terus mengembangkannya.  


3. Kelola Mindset dan Harimu dengan Teratur

 

Mindset memegang peran penting

Mindset memegang peran penting (Sumber gambar: https://valueconsulttraining.com/wp-content/uploads/2018/10/Mindset.jpg)



Mindset adalah hal yang sangat penting bagi peningkatan kualitas diri kita. Tanpa mindset yang positif, kalian cenderung akan kesulitan dalam mengontrol setiap situasi atau keadaan yang menghadang di depan. Sebaliknya, mindset positif akan membawa kalian untuk dapat menghadapi setiap kesulitan, proses, hingga pengambilan keputusan yang baik. Upayakan setiap bangun pagi, kalian juga telah menanamkan mindset yang bagus untuk menjalani hari-harimu karena mindset awal akan menentukan keseluruhan harimu.

Selain mindset, kalian juga perlu untuk mengatur hari kalian masing-masing, contohnya dengan membuat to do list dan skala prioritas. Dengan demikian, kalian akan lebih mudah untuk menjalani setiap aktivitas yang ada pada hari kalian secara disiplin dan teratur. Oiya, dan yang paling penting adalah jangan suka menunda-nunda yaa Be-emers!

 

4. Baca Buku

 

Buku sang jendela dunia

Buku sang jendela dunia (Sumber gambar: https://images.unsplash.com/photo-1630343710506-89f8b9f21d31?ixlib=rb-1.2.1&ixid=MnwxMjA3fDB8MHxzZWFyY2h8Nnx8cmVhZGluZyUyMGJvb2t8ZW58MHx8MHx8&w=1000&q=80)



Dengan membaca buku, pikiran kita tentu akan menjadi terbuka lebih luas. Secara tidak langsung, kalian dapat belajar banyak hal dari buku-buku yang kalian baca. Pengetahuan kalian dapat makin bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, cara pandang kalian terhadap suatu hal pun akan lebih berkembang dan terasah. Maka dari itu, jangan malas untuk rajin-rajin membaca buku ya Be-emers, karena semuanya untuk menunjang peningkatan kualitas diri yang ingin kalian capai juga.  


5. Miliki Gaya Hidup Sehat 

 

Gaya hidup sehat membuat fisik dan mentalmu lebih stabil

Gaya hidup sehat membuat fisik dan mentalmu lebih stabil (Sumber gambar: https://focuzdotmedia.com/wp-content/uploads/2021/04/healthy-lifestyle.jpeg)



Di samping, keempat poin di atas, gaya hidup yang sehat juga nyatanya turut menunjang self improvement kita loh Be-emers. Gaya hidup yang sehat terbukti akan berperan besar terhadap kesehatan mental dan fisik kita yang nantinya juga akan berpengaruh atas kualitas diri dan kehidupan sehari-hari kita. Mulailah menanamkan pola makan yang sehat, cukupi nutrisi serts hidrasi, olahraga rutin, dan juga istirahat yang cukup.

Selain itu, kalian juga dapat melakukan kegiatan meditasi di pagi hari sebelum kalian memulai aktivas. Meditasi dapat membantu kalian untuk lebih rileks dan juga menata pikiran atau mindset yang positif dalam hari yang akan kalian. Apabila kalian menerapkan gaya hidup sehat yang seimbang maka hari-hari kalian pun tentu akan terasa lebih menyenangkan untuk berproses dalam mencapai kualitas diri yang lebih baik lagi.



Sulitkah untuk Bisa Mencapai Keberhasilan dalam Self Improvement?
Memulai sebuah hal yang baru memanglah akan terasa berat di awal, termasuk juga pada self improvement. Namun, segala sesuatu yang mengalami perkembangan pasti tentu tidak akan menemukan proses yang mudah juga bukan? Maka konsistenlah dengan apa yang telah kalian jalani. Sedikit perubahan akan menjadi sangat berarti apabila kamu melakukannya secara konsisten. Berkomitmenlah pada dirimu sendiri. Perubahan kecil pada satu aspek juga akan membawa perubahan besar pada aspek-aspek lainnya. Ingat, fokuslah dan cintailah setiap proses yang sedang kalian jalani. Satu lagi, jangan mau kalah dengan rasa malas ya Be-emers. Semangat!

Penulis : Felicia Ratnasari Soedjianto
Editor :  Yudho Priambodo