Ini Tips Bikin Kerajinan Berbahan Kain Flanel yang Tidak Banyak Dilakukan Orang

Kreasi Flanel (Sumber gambar: Instagram.com/santaris.86)

Kreasi Flanel (Sumber gambar: Instagram.com/santaris.86)


Kalia tahu nggak Be-emers, kalau kain flanel termasuk dalam jenis kain yang yang berbahan serat wool. Dalam proses pembuatan kain flanel sendiri memerlukan pemanasan serta penguapan hingga menghasilkan kain dengan tektur serta jenis yang diinginkan.

Kelebihan dari jenis kain ini adalah serat benang tidak bertiras ketika dipotong, mudah dibentuk, dapat dibeli dengan ukuran yang kecil, mudah ditemui, serta harga yang murah.

Banyak kerajinan yang bisa dibuat dari kain flanel lho Be-emers, bahkan kalau kerajinan yang kamu buat ini memiliki desain yang unik maka akan sangat bisa menjadi pelulang bisnis yang bisa bikin cuan.

Pada artikel kali ini kita akan mengulas berbagai kerajinan berbahan dasar kain flanel. Catet ya Be-emers, siapa tahu bisa jadi ide usahamu.

1. Boneka

 

Boneka (Sumber gambar: Instagram.com/zahra_zadinacraft)

Boneka (Sumber gambar: Instagram.com/zahra_zadinacraft)



Kamu dapat memulai membuat boneka dengan ukuran kecil sebagai latihan. Kalau masih ragu, kamu dapat mencoba membuat boneka jari. Langkah pertama dalam membuatnya adalah membuat pola diatas kain sesuai keinginan.

Kedua, gunting kain tersebut sesuai dengan pola yang digambar secara hati-hati. Ketiga lem dan jahit setiap bagian dari pola tersebut. Jika kamu sudah terbiasa dan mahir, kamu dapat memulai proses pembuatan boneka dengan ukuran yang lebih besar. 
 

2. Dompet

 

Dompet (Sumber gambar: Instagram.com/flannel_craft21)

Dompet (Sumber gambar: Instagram.com/flannel_craft21)




Dompet memiliki ukuran dan bentuk yang beragam sesuai dengan fungsinya. Kamu dapat membuat dompet dengan ukuran yang kecil untuk menyimpan koin saja. Di lain sisi, kamu juga dapat membuat dompet dengan ukuran yang besar dan panjang untuk menyimpan uang kertas, kartu ATM, dan koin sekaligus. 
Tempat Kacamata

Kamu dapat memulainya dengan menyiapkan pola persegi panjang. Lalu, di setiap sisinya dijahit . Setelah selesai, kamu dapat menambah beberapa hiasan seperti manik-manik. Tidak hanya tempat kacamata, pola persegi panjang ini juga cocok sebagai tempat alat tulis. 
 

3. Bantal Leher

 

Bantal Leher (Sumber gambar: Instagram.com/hoshi_craft_handmade)

Bantal Leher (Sumber gambar: Instagram.com/hoshi_craft_handmade)



Pada umumnya, bantal leher berbentuk U maka kamu dapat membuat pola berbentuk U dengan ukuran sesuai lingkar leher. Buat 2 dengan pola yang sama, lalu jahit pada masing-masing.

Pastikan jahit tidak sampai full agar kamu dapat mengisi dakron atau busa ke dalam pola yang sudah terjahit setengah itu. Setelah diisi, lanjutkan jahit hingga full. 
 

4.Gantungan Kunci

 

Gantungan Kunci (Sumber gambar: Instagram.com/shana_pouch)

Gantungan Kunci (Sumber gambar: Instagram.com/shana_pouch)



Untuk membuat gantungan kunci ini, terlebih dahulu kamu membuat boneka dengan ukuran kecil. Setelah itu, letakkan gantungan kunci polos di bagian belakang boneka. Pastikan lem atau jahit dengan erat.

Selain bentuk boneka, kamu juga bisa membuat bentuk yang kreatif lainnya dengan mencari pola melalui internet ya Be-emers.

Nah, itu tadi Be-emers tips membuat kerajinan dengan menggunakan bahan utama kain flanel. Coba share ya kalau kalian udah cobain di rumah!