Tiga Prinsip yang Perlu Dimiliki, Agar Kuliah, Organisasi, dan Kerja Part Time Berjalan Seimbang

Keseimbangan antara kuliah, organisasi, maupun part time sangat penting untuk diciptakan (Sumber gambar: https://www.mbizmarket.co.id/news/wp-content/uploads/2021/02/fungsi-manajemen.png)

Keseimbangan antara kuliah, organisasi, maupun part time sangat penting untuk diciptakan (Sumber gambar: https://www.mbizmarket.co.id/news/wp-content/uploads/2021/02/fungsi-manajemen.png)

Like

Be-emers, mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan sambil menjalankan beberapa kegiatan lain, seperti organisasi atau kerja part time tentu saja bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, setiap orang pasti mempunyai alasan dan tujuannya masing-masing yang hendak dicapai melalui berbagai macam aktivitas yang mereka ikuti. Misalnya, menambah pengalaman dengan berorganisasi ataupun menambah uang saku dengan bekerja part time.

Tidak ada yang salah apabila kalian ingin mengikuti organisasi, kerja part time, atau bahkan keduanya sekaligus di samping aktivitas pembelajaran kuliah, asalkan kalian dapat menyeimbangkan semua agenda yang kalian jalani. Namun, faktanya masih banyak mahasiswa yang mengikuti banyak kegiatan di luar perkuliahan tanpa pertimbangan dan komitmen yang matang. Hasilnya, mereka cenderung kesulitan untuk mengatur waktu dan rutinitas sehingga sering kali lalai akan tanggung jawab utama dan berakibat mengganggu kewajiban yang lain.      

Nah, maka dari itu apabila ingin kuliah sambil berorganisasi atau kerja part time, pastikan setidaknya kalian mempunyai tiga prinsip ini ya Be-emers.


 

Mengetahui prioritas dampat membantumu dalam mengatur waktu

Mengetahui prioritas dampat membantumu dalam mengatur waktu (Sumber gambar: https://rencanamu.id/assets/file_uploaded/blog/1555762323-priority.jpg)




1. Siap dan Pandai Membagi Waktu


Berkuliah sambil bergabung dalam sebuah organisasi atau kerja part time tentu saja akan menyita banyak waktu yang sebelumnya kalian miliki. Kalian harus siap untuk menghadapi berbagai macam kepadatan agenda yang harus diselesaikan setiap harinya.

Oleh karena itu, kalian harus siap dalam mengatur dan membagi waktu pada setiap aktivitas yang kalian jalani. Tanpa adanya kesiapan dalam time management, kalian nantinya justru akan merasa kewalahan dalam menghadapi setiap kewajiban maupun tanggung jawab yang harus diselesaikan.   

Tips: kalian bisa menulis setiap agenda atau kegiatan baik kuliah, agenda organisasi, dan jadwal part time dalam buku kecil, atau menuliskannya pada note yang ada di ponsel kalian ya Be-emers.
 

2. Mengetahui Skala Prioritas Masing-Masing  

Dalam menjalani kuliah, organisasi, maupun kerja part time secara bersamaan, kalian juga harus mengetahui betul apa skala prioritas yang akan diutamakan.

Selesaikanlah terlebih dahulu apa yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban utama kalian. Tanpa mengetahui skala prioritas, kalian tentu akan merasa bingung terkait tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Akan tetapi, di samping itu, sebisa mungkin kalian benar-benar memenuhi setiap tanggung jawab dengan seimbang ya, sehingga tidak mengganggu kelancaran setiap kegiatan yang kalian ikuti. Kalian dapat mencatat tanggung jawab yang sekiranya paling penting hingga kurang penting dan mulailah untuk menyelesaikannya.    
 

3. Tidak Menunda-Nunda Pekerjaan

Berorganisasi maupun bekerja part time di tengah perkuliahan tentu akan membuat waktumu semakin padat. Sering kali banyak tugas kuliah, organisasi, dan juga pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu berdekatan. Dengan demikian, sudah semestinya kalian mulai menghilangkan kebiasaan untuk menunda-nunda.

Segera selesaikanlah tanggung jawab yang kalian miliki pada saat itu juga. Dengan menunda-unda, tugas ataupun pekerjaanmu tentu akan makin menumpuk. Apabila kalian menunda-nunda, maka waktu yang kalian punya pun akan lebih terbatas sehingga kalian justru tidak dapat mengerjakannya secara maksimal.


Nah, kira-kira itulah Be-emers tiga prinsip yang mestinya kalian miliki apabila ingin kegiatan kuliah, organisasi, dan juga kerja part time-mu berjalan dengan seimbang.

Teruslah berkomitmen pada dirimu sendiri ya, Be-emers. Jangan sampai membebani rekan kalian entah itu dalam perkuliahan, organisasi, atau part time hanya karena kalian kurang bisa mengatur diri kalian sendiri. Jika kalian sudah menentukan keputusan berarti kalian juga harus sudah siap terhadap setiap risiko yang ada.

Editor : Yudho Priambodo