Cari Kebahagiaan? Ini 4 Rekomendasi Buku tentang Stoikisme

Buku Stoikisme (Sumber gambar: Instagram.com/artdec_studio)

Buku Stoikisme (Sumber gambar: Instagram.com/artdec_studio)

Secara singkat, definisi dari Stoikisme ialah sebuah filosofi untuk mendapatkan sebuah kebahagiaan serta ketenangan dalam hidup dengan fokus pada hal yang dapat kita kendalikan serta menghiraukan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan.

Untuk dapat memahami lebih jauh tentang Stoikisme ini, kamu dapat memulai dengan membaca buku-buku yang direkomendasikan seperti Filosofi Teras, The Daily Stoic: 366 Meditations on Wisdom, Perseverance, and The Art of Living, A Guide to the Good Life: The Ancient Art of Stoic Joy, dan How to Be a Stoic: Using Ancient Philosophy to Live a Modern Life.

1. Filosofi Teras

Pengarang dari buku ini adalah Henry Manampiring. Buku dengan judul Filosofi Teras ini memiliki isi yang beragam namun masih berada dalam lingkup yang sama. Adapun isi-isi tersebut seperti pengertian serta tujuan dari Filosofi Teras, tips mengendalikan persepsi kita yang terkadang melampaui batas, tips menghadapi musibah yang sering terjadi dalam kehidupan kita, hingga menjadikan Stoikisme sebagai salah satu obat ketika emosi negatif kita muncul. 
 

2. The Daily Stoic: 366 Meditations on Wisdom, Perseverance, and The Art of Living

Pengarang dari buku ini ialah Ryan Holiday. Buku ini memiliki hal yang cukup menarik. Hal yang menarik dari buku ini adalah memiliki format per day page sehingga kamu dapat membuka 1 halaman dalam 1 hari. Oleh karena itu, buku ini menjelaskan beberapa langkah yang konkrit tentang cara kamu menjalani hari sebagai seorang yang stoic dengan mempraktikkan 1 halaman yang ada dalam buku tersebut dalam 1 hari. 
 

3. A Guide to the Good Life: The Ancient Art of Stoic Joy

Pengarang dari buku ini yaitu William Braxton Irvine. Dia adalah seorang profesor filsafat di Wright State University di Daytom, Ohio. Buku ini mengajarkan kita tentang bagaimana menjalani hidup yang lebih baik, fokus pada hal- hal yang dapat kita kendalikan, dan menjauh dari emosi negatif seperti kesedihan dan ketidapuasan akan pencapaian.
 

4. How to Be a Stoic: Using Ancient Philosophy to Live a Modern Life

Pengarang dari buku ini adalah Massimo Pigliucci. Buku ini akan mengajarkan kita tentang bagaimana mengatasi segala kekhawatiran, kemarahan, dan permasalahan lain yang sering melanda dalam diri kita dengan mudah. 

Penulis : Aprilia Ratna Ningtyas
Editor : Yudho Priambodo