4 Negara dengan Masyarakat yang Miliki Etos Kerja Tinggi, Ini Faktanya!

Etos kerja masyarakat dapat mencerminkan kualitas sumber daya manusia sebuah negara (Sumber gambar: Unsplash)

Etos kerja masyarakat dapat mencerminkan kualitas sumber daya manusia sebuah negara (Sumber gambar: Unsplash)

Like

Tidak dipungkiri lagi, etos kerja sejatinya adalah sebuah hal yang cukup krusial bagi masyarakat di suatu negara. Etos kerja yang dimiliki tentu saja akan menjadi cerminan bagaimana kualitas sumber daya manusia yang ada di negara tersebut.

Pada umumnya, makin baik etos kerja yang dimiliki, maka kemungkinan besar kualitas SDA yang dipunyai juga akan makin baik. Begitupun juga sebaliknya. 
Selain bermanfaat bagi kualitas individu masyarakat, nyatanya etos kerja juga secara tidak langsung akan berperan signifikan terhadap perkembangan negara yang bersangkutan pula.

Lalu, kira-kira negara mana saja yaa yang masyarakatnya dikenal memiliki etos kerja yang tinggi? Penasaran kan? Yuk, langsung cari tau jawabannya di bawah ini, ya Be-emers!

 

4 Negara dengan Masyarakat Beretos Kerja Tinggi:

1. Jepang

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa masyarakat Jepang adalah masyarakat yang memiliki etos kerja sangat tinggi. Masyarakat Jepang umumnya mengambil lebih banyak waktu untuk bekerja daripada waktu untuk bersantai.

Bahkan, menurut survei yang dilakukan oleh Ipsos Global dan Reuters, sebagian besar dari masyarakat Jepang juga cenderung jarang sekali untuk mengambil jatah cuti yang telah diberikan. Apabila mengambil jatah cuti pun, mereka biasanya juga akan tetap memanfaatkan waktu libur mereka untuk tetap bekerja.    

2. Tiongkok

Masyarakat dengan etos kerja tinggi selanjutnya adalah Tiongkok. Seperti yang kita tau, Tiongkok adalah salah satu negara di mana masyarakatnya mempunyai kedisiplinan dan keuletan kerja yang tinggi. Mereka cenderung mengabaikan kesenangannya terlebih dahulu untuk berfokus terhadap target-target yang ingin dicapai.


Di samping itu, masyarakat Tiongkok juga cenderung bekerja dengan detail dan teliti. Maka dari itu, tidak heran lagi ya Be-emers, apabila Tiongkok saat ini menjadi salah satu negara yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi dan kemajuan yang sangat pesat.   


 

Ilustrasi negara dengan masyarakat yang memiliki etos kerja tinggi. Image Canva

Ilustrasi negara dengan masyarakat yang memiliki etos kerja tinggi. Image Canva

3. Korea Selatan

Negara ketiga dengan masyarakat beretos kerja tinggi masih berada dalam lingkup Asia, yaitu Korea Selatan. Tidak kalah dengan Jepang dan Tiongkok, masyarakat Korea Selatan juga dikenal sebagai individu yang pekerja keras.

Sebagian besar masyarakat Korea Selatan juga lebih memilih untuk bekerja lebih banyak. Hampir sama dengan Jepang, masyarakat Korea Selatan cenderung tetap memilih untuk bekerja meskipun sedang ada di hari libur.   

4. Amerika Serikat  

Terakhir, yaitu Amerika Serikat. Masyarakat Amerika Serikat sangat dikenal mempunyai sisi profesionalitas yang sangat besar. Mereka mengerjakan setiap pekerjaannya dengan totalitas sesuai bagian yang menjadi tanggung jawab mereka masing-masing.

Namun di sisi lain, dalam bidang pekerjaan masyarakat Amerika Serikat sering dinilai memiliki individualitas yang masih cukup tinggi meskipun bukan berarti mereka tidak mau untuk bekerja bersama-sama.

Nah, itulah 4 negara dengan masyarakatnya yang dikenal memiliki etos kerja tinggi. Kita warga Negara Indonesia jangan sampai kalah ya Be-emers!



Editor : Yudho Priambodo