Intip 4 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa

Banyak sekali usaha sampingan yang cocok bagi mahasiswa (Sumber gambar: Freepik)

Banyak sekali usaha sampingan yang cocok bagi mahasiswa (Sumber gambar: Freepik)


Hai, Be-emers! Bagi kalian yang masih menjadi mahasiswa, pasti terkadang menginginkan untuk punya uang tambahan sendiri kan?

Selain melatih kemandirian, memiliki usaha sampingan bagi sebagian orang sudah menjadi salah satu bentuk upaya dalam meringankan beban orang tua hingga menjadi ajang untuk melatih skill diri lho.

Wah, tidak salah yaa kalau saat ini sudah banyak teman-teman mahasiswa yang mulai untuk menjalankan usaha sampingan di tengah kegiatan perkuliahannya.

Di samping itu, nyatanya masih banyak juga yang ingin memulai usaha sampingan, tetapi merasa bingung untuk memilih usaha apa yang sekiranya cocok untuk dijalankan bersamaan dengan perkuliahan.

Bagaimana tidak, seperti yang kita tahu, terbatasnya waktu tentu saja akan menjadi risiko utama bagi mahasiswa yang ingin melakukan usaha sampingan.


Eits, tapi tenang aja Be-emers, ternyata masih banyak sekali lho peluang usaha yang cocok dan relevan untuk dijalankan dengan profil kalian sebagai seorang mahasiswa.

Penasaran, usaha apa saja kah itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Ide Bisnis Menghasilkan Cuan untuk Mahasiswa


 

Peluang Usaha Sampingan Bagi Mahasiswa

 

1. Penulis Freelance

 

Menjadi penulis freelance dapat menjadi peluang usaha yang cocok untuk kamu

Menjadi penulis freelance dapat menjadi peluang usaha yang cocok untuk kamu (Sumber gambar: Freepik)


Bagi kalian yang suka menulis, menjalankan usaha sebagai penulis freelance bisa banget untuk dicoba nih.

Peluang usaha ini mempunyai potensi yang terbuka lebar, mengingat sekarang banyak sekali kebutuhan yang berkaitan dengan jasa penulis, seperti artikel, cerpen, dan lain sebagainya.

Bahkan, peluang usaha sebagai penulis freelance ini dapat dikatakan sangat fleksibel bagi mahasiswa karena dapat dikerjakan di rumah secara online. Selain itu, di samping dapat menghasilkan pemasukan tambahan, peluang usaha ini juga dapat menjadi wadah bagi karya tulisan kalian lho Be-emers.

 

2. Desainer Freelance

 

Jasa desain juga memiliki potensi yang sangat besar

Jasa desain juga memiliki potensi yang sangat besar (Sumber gambar: Freepik)


Selain penulis freelance, peluang usaha sebagai desainer freelance nyatanya tidak kalah menjanjikannya.

Perkembangan zaman yang saat ini didominasi oleh dunia digital mampu mendongkrak kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan jasa desain, seperti salah satunya logo online shop.

Apabila kalian memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha sebagai desainer freelance ini ya Be-emers.  

 

3. Online Shop

 

Online shop cocok untuk kalian para mahasiswa yang suka berbisnis

Online shop cocok untuk kalian para mahasiswa yang suka berbisnis (Sumber gambar: Freepik)


Online shop menjadi peluang usaha ketiga yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Apabila terkendala permasalahan modal, kalian bisa memulainya dengan hal-hal yang simple dan tidak membutuhkan modal besar.

Kalian mungkin dapat menjual barang-barang preloved yang masih layak pakai, seperti misalnya buku dan pakaian. Selain barang preloved, kalian juga dapat memulainya dengan cara dropship maupun reseller lho, Be-emers.

Baca Juga: Mending jadi Reseller, Dropshipper, atau Jastip buat Berbisnis?

Jadi, jangan khawatir untuk memulai perjalanan online shopmu ya!

 

4. Pengiriman Pulsa dan Data      

 

Jasa pengiriman pulsa dan data elektronik yang dapat dilakukan di mana saja

Jasa pengiriman pulsa dan data elektronik yang dapat dilakukan di mana saja (Sumber gambar: Freepik) 


Peluang usaha keempat ini sangatlah simple dan mudah, yaitu jasa pengiriman pulsa dan data seluler. Kalian dapat menjalankan usaha ini dari mana saja dan dengan bermodalkan HP yang berisi saldo saja lho Be-emers.

Kalian dapat mempromosikannya melalui teman-teman kalian dan juga dengan sosial media kalian. Sangat mudah kan? Jika kalian tertarik, boleh banget dicoba nih!

Nah, itu lah kira-kira 4 peluang usaha sampingan yang cocok kalian jalankan sebagai mahasiswa. Apabila kalian punya ide usaha lain, boleh sharing di kolom komentar ya, Be-emers.





Editor: Rachma Amalia