Adaptasi Pekerjaan Berkelanjutan Layanan dan Peran Data

Gambar pekerjaan layanan data | Sumber. Freepik

Gambar pekerjaan layanan data | Sumber. Freepik

Like

Terdapat berbagai peran yang terlibat dalam mengelola, mengendalikan, dan menggunakan data.

Beberapa peran berorientasi pada bisnis, melibatkan lebih banyak rekayasa, fokus pada penelitian, dan beberapa lagi adalah peran hibrida yang menggabungkan berbagai aspek manajemen data.

Organisasi Anda mungkin mendefinisikan peran secara berbeda atau memberi mereka nama yang berbeda. Tetapi, peran yang dijelaskan dalam unit ini merangkum pembagian tugas dan tanggung jawab yang paling umum.
 

Pekerjaan Utama yang Menangani Data Organisasi

Tiga pekerjaan utama yang menangani data di sebagian besar organisasi adalah:
  1. Administrator database
    Mengelola database, memberikan izin kepada pengguna, menyimpan salinan cadangan data, dan memulihkan data jika terjadi kegagalan.
  2. Teknisi data
    Mengelola infrastruktur dan proses untuk integrasi data di seluruh organisasi, menerapkan rutinitas pembersihan data, mengidentifikasi aturan tata kelola data, dan menerapkan alur untuk mentransfer dan mengubah data antar sistem.
  3. Analyst data
    Mengeksplorasi dan menganalisis data untuk membuat visualisasi dan bagan yang memungkinkan organisasi membuat keputusan yang tepat.
 

Database Administrator Icon

Administrator database bertanggung jawab atas desain, penerapan, pemeliharaan, dan aspek operasional sistem database lokal dan berbasis cloud. Administrator database bertanggung jawab atas ketersediaan keseluruhan dan performa yang konsisten serta optimalisasi database.


Mereka bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk menerapkan kebijakan, alat, dan proses dengan tujuan pencadangan dan rencana pemulihan menyusul bencana alam atau kesalahan manusia.

Administrator database juga bertanggung jawab untuk mengelola keamanan data dalam database, memberikan hak istimewa atas data, serta memberikan atau menolak akses ke pengguna menurut kebutuhan.
 

Teknisi Data

Data engineer icon adalah seorang teknisi data berkolaborasi dengan pemangku kepentingan untuk merancang dan menerapkan beban kerja terkait data, termasuk alur penyerapan data, aktivitas pembersihan dan transformasi, dan penyimpanan data untuk beban kerja analitis.

Teknisi data menggunakan berbagai teknologi platform data, termasuk database relasional dan non-relasional, penyimpanan file, dan aliran data.

Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa privasi data tetap dipertahankan dalam cloud, yang terentang dari server lokal hingga penyimpanan data cloud. Teknisi data memiliki pengelolaan dan pemantauan alur data untuk memastikan bahwa beban data berjalan seperti yang diharapkan.
 

Analyst Data

Data Analyst icon adalah seorang analis data memungkinkan bisnis untuk memaksimalkan nilai aset datanya.

Teknisi data bertanggung jawab untuk mengeksplorasi data untuk mengidentifikasi tren dan hubungan, merancang dan membangun model analitik, serta mengaktifkan kemampuan analitik tingkat lanjut melalui laporan dan visualisasi.

Peran pekerjaan mendefinisikan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Di beberapa organisasi, orang yang sama mungkin melakukan banyak peran.

Jadi, dalam peran mereka sebagai administrator database, mereka mungkin menyediakan database transaksional. Kemudian dalam peran mereka sebagai teknisi data, mereka mungkin membuat alur untuk mentransfer data dari database ke gudang data untuk analisis