Yuk, Ketahui Keunggulan Surat Utang Negara

Ketahui Keunggulan Surat Utang Negara Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Ketahui Keunggulan Surat Utang Negara Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Resmi terbit pada 19 Agustus 2022, SR017 bisa jadi salah satu Surat Utang Negara (SUN) yang kamu koleksi sebagai investasi nih. Sebelum beli, kira-kira apa sih keunggulan dari SUN?

Ketika Be-emers memutuskan untuk berinvestasi, bukan tidak mungkin, hal pertama yang terlintas dalam benak adalah keuntungan. Meskipun, setiap aset investasi juga tidak lepas dari risikonya masing-masing.

Nah, bagaimana dengan SUN alias Surat Utang Negara?

Baca Juga: Selain SR017, Ini Jenis Obligasi Ritel Lainnya yang Diterbitkan Pemerintah Indonesia
 

Keunggulan Surat Utang Negara (SUN)

Sebagai salah satu aset investasi yang diterbitkan negara, SUN dinilai memiliki keunggulan dibanding instrumen investasi lainnya. Untuk itu, yuk ketahui keunggulan Surat Utang Negara berikut ini.
 

1. Kupon (Bunga)

Hal utama yang dijanjikan kepada investor melalui SUN adalah imbal hasil dalam bentuk kupon. Kupon yang dimaksud di sini adalah bunga.


 

Kupon Surat Utang Negara Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Kupon Surat Utang Negara Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Jumlah kupon ini ditentukan dari penerbit. Kupon ini tentunya akan memberikan manfaat lain berupa pendapatan tetap kepada investor (fixed income).

Dalam SUN, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang (DJPU) lah yang berperan untuk menentukan jumlah kupon. Yang menarik, biasanya, jumlah kupon yang ditawarkan dalam SUN dipatok lebih tinggi dari bunga deposito.
 

2. Bebas Risiko Gagal Bayar

Penerbitan SUN serta pengelolaannya sudah diatur dalam UU No. 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Itulah mengapa, SUN dikenal sebagai salah satu investasi dengan risiko yang sangat minim.

Diterbitkan oleh pemerintah, maka tentunya pemerintah berkewajiban untuk membayar bunga beserta pokoknya pada saat jatuh tempo.

 

SUN Bebas Risiko Gagal Bayar Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

SUN Bebas Risiko Gagal Bayar Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Namun, Be-emers tidak perlu khawatir sebab pemerintah sudah mempersiapkan dana untuk pembayaran bunga dan pokok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dengan kata lain, SUN bisa jadi investasi yang bebas dari risiko gagal bayar.

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Beli Surat Utang Negara (SUN)
 

3. Agunan dan Capital Gain

Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan, sebagai salah satu jenis SUN, obligasi negara juga bisa dijadikan agunan (jaminan) dan dapat dijual setiap saat jika pemilik membutuhkan dana.

 

Agunan dan Capital Gain Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Agunan dan Capital Gain Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Selain itu, SUN juga menawarkan adanya keuntungan berupa capital gain melalui obligasi ritel. Salah satu keunggulan obligasi ritel adalah bisa diperdagangkan kembali di pasar sekunder bursa (tradeable).

Dari situ lah investor bisa mendapatkan capital gain yang merupakan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jualnya.

Sudah jelas keuntungan serta keunggulan yang akan diperoleh, Be-emers tertarik untuk memulai berinvestasi SUN?

Yuk, tulis di kolom komentar!

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.