Lewat Produk Ini Kamu Bisa Miliki Rumah di Masa Muda!

Miliki Rumah di Masa Muda. (Sumber gambar: Freepik)

Miliki Rumah di Masa Muda. (Sumber gambar: Freepik)


Masa muda menjadi masa yang penting untuk mewujudkan segala mimpinya, khususnya bagi generasi millenial yang ingin memiliki hunian pertamanya. Kamu bisa menggunakan produk pilihan ini untuk memiliki rumah di masa muda.

Bagi banyak orang, rumah adalah aset kebutuhan yang harus dimiliki khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Saat ini kebutuhan akan hunian sulit untuk dicapai karena biaya yang tinggi.

Mahalnya harga rumah membuat banyak yang berpikir keras bagaimana cara untuk mewujudkan mimpinya dalam memiliki rumah. Salah satunya dapat diatasi dengan mengelola keuangan dengan baik.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah melalui produk keuangan atau pun mencoba investasi.
 

Cara Memiliki Rumah di Masa Muda


Berikut adalah beberapa produk yang bertujuan mempermudah memiliki rumah khususnya bagi generasi millenial di masa mudanya.
 

1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

 
Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan program yang menjadi pilihan bagi masyarakat. Produk ini cocok untuk generasi muda yang sudah berpenghasilan.


KPR dilakukan dengan mencicil atau kredit sedikit demi sedikit dari gaji yang dimilikinya sesuai dengan kemampuan daya belinya dan ditandai dengan waktu jatuh tempo yang beragam.

KPR biasanya disediakan oleh bank kepada nasabah dengan fasilitas kredit dalam kebutuhan membeli atau merenovasi rumah.

Baca Juga: Daripada Kelamaan, Kamu Juga Bisa Percepat Pelunasan KPR, Lho!
 

2. Investasi Saham 


Ini menjadi pilihan karena keuntungan yang diterima cukup besar. Dari keuntungan itu, dapat dilakukan perencanaan dan alokasi untuk membeli rumah.

Sangat disarankan untuk memilih produk investasi yang benar dan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dan yang paling penting pemilihan investasi saham yang sudah dilindungi oleh pemerintah agar tidak merugikan nantinya.
 
 

3. SiMuda RumahKu


SiMuda RumahKu adalah tabungan khusus yang dikeluarkan oleh OJK dan beberapa lembaga bank khususnya bagi pemuda atau pun mahasiswa yang berusia 18-30 tahun. Tabungan ini dikhususkan untuk mengangsur uang muka KPR atau DP KPR.

Produk tersebut membuat seseorang menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis (autodebet) dari rekening tabungan setiap bulannya.

Seseorang dapat dengan mudah memiliki produk ini dengan setoran awal dan setoran bulanannya yang ringan mulai dari seratus ribu rupiah saja.
 

4. Investasi Reksa Dana
 

Investasi Reksa Dana dapat menjadi pilihan dalam mewujudkan rumah impian, hal ini dilakukan karena umumnya reksa dana memiliki manajer investasi dalam mengelola dana untuk portofolio reksadana yang dimiliki.

Beberapa reksa dana memiliki tingkat resiko yang berbeda-beda tergantung pilihan produk reksa dana yang diinginkan agar dapat memiliki keuntungan dengan imbal hasil yang memuaskan.

Seseorang dapat memilih reksa dana saham untuk membeli rumah karena cocok dengan jangka panjang lebih dari 5 tahun dan pengembalian bisa 10-20 % per tahun tergantung pilihan nantinya.

Baca Juga: Reksa Dana, Cocok Menjadi Pilihan Investasi untuk Pemula

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.