Tips Berpakaian Profesional untuk Job Seeker

Tips Berpakaian Profesional. (Ilustrasi: Canva)

Tips Berpakaian Profesional. (Ilustrasi: Canva)


Kamu adalah job seeker yang baru sedang mencari pekerjaan dan kebingunan menentukan pakaian apa yang harus dikenakan ketika bertemu dengan HRD/user untuk wawancara?

Saya harap artikel kali ini bisa menjadi jawaban solusi dari kebingunganmu saat ini ya!

Beberapa tips ini saya coba rangkum dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman saya mengikuti interview ke beberapa perusahaan dan instansi.

Kamu bisa mengikuti semua tips ini atau hanya beberapa saja, tidak ada masalah. Minimal dapat menambah insightmu tentang cara berpakaian profesional.
 

Tips Berpakaian Profesional


Apa saja tips dan cara berpakaian profesional itu? Simak di bawah ya!
 

1. Ketahui Aturan Berpakaian



Dengan mengetahui aturan berpakaian perusahaanmu, kamu bisa menyesuaikan gaya berpakaian dengan aturan perusahaan.

Jika kamu seorang job seeker, dengan mengetahui aturan berpakaian calon perusahaanmu ini akan jadi poin plus di mata user.

Hal ini dikarenakan akan memberikan kesan kalau kamu memang riset tentang calon tempat kerjamu saat ini.

Dengan menunjukkan kalau kamu melakukan riset perusahaan, artinya kamu memang memiliki niat tinggi untuk masuk ke perusahaan tersebut.

Calon atasanmu pun bisa dengan mudah mengenalimu karena kamu punya niat yang lebih daripada kandidat yang lain.

Baca Juga: 11 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses Menghadapi HRD
 

2. Pertimbangkan Keseluruhan Penampilanmu


Saat sudah menentukan pakaian mana yang akan kamu kenakan, langkah berikutnya adalah menimbang apakah yang akan dipakai sudah sesuai dengan gaya berpakaianmu?

Kalau dirasa kamu tidak menjadi dirimu sendiri, silakan sesuaikan dengan gayamu. Tapi tidak perlu berlebihan juga sesuaikan dengan yang cocok dengan aturan perusahaan.


3. Gunakan Pakaian Sopan dan Nyaman


Seorang profesional harus berpakaian rapi dan sopan. Minimal tidak terlalu menunjukkan lekuk tubuh.

Gunakan pakaian yang nyaman untukmu dan usahakan yang menyerap keringat. Terlalu banyak keringat akan membuatmu terlihat lepek dan akan menimbulkan bau badan.

Saat kamu bau badan, banyak hal yang bisa terjadi. Misalnya calon atasanmu bisa ilfeel.
 

4. Pilih Aksesoris yang Sesuai


Gunakan aksesoris yang memang sesuai dengan pakaianmu pada saat itu. Jika kamu memiliki perhiasan, tidak perlu digunakan semua.

Kamu ke kantor bukan untuk menampilkan kekayaan keluargamu. Kamu pergi ke sana untuk mendapatkan pekerjaan, jadi berpakaianlah secara sederhana dan sesuai dengan kondisi.
 

5. Usahakan Memilih Warna Netral


Kalo kamu suka menggunakan pakaian dengan warna yang cerah atau gaya berpakaian yang tabrak warna, usahakan untuk tidak menggunakan gaya seperti itu dulu.

Kecuali memang perusahaannya tidak menentukan aturan berpakaian yang harus menggunakan warna tertentu.

Jika ternyata ada aturan penentuan warna, kamu tidak bisa asal menggunakan warna pakaian semaumu. Jadi, untuk awal-awal gunakanlah warna pakaian yang netral.

Baca Juga: Ingin Tampil Modis? Coba 5 Jenis Celana Wanita Ini!

6. Pastikan Pakaian Tidak Kusut


Gunakan pakaian yang sudah disetrika dan rapih. Jika tidak memiliki setrika, kamu bisa pinjam ke kawan/keluarga atau kamu bisa ke jasa laundry pakaian.

Jangan sampai kamu datang ke kantor, apalagi baru tahap interview, tapi sudah menggunakan pakaian yang kusut. Itu akan menimbulkan kesan negatif dimata recruiter.
 

7. Tunjukkan Kepribadianmu Melalui Pakaianmu


Pakaian juga bisa menunjukkan kepribadian. Kalau kamu lebih suka hal yang simple, bisa gunakan warna putih.

Biru bisa menunjukkan kamu orang yang bersahabat. Sekali lagi, kamu juga harus menyesuaikan aturan berpakaian di perusahaan itu, ya. Jangan sampai menggunakan warna yang tidak diperbolehkan.
 

8. Pertimbangkan Kesan yang Akan Diberikan


Setiap orang pasti ingin memberikan kesan yang menyenangkan di mata orang lain. Tips dari 1-7 tadi kalau bisa kamu manfaatkan, akan menunjukkan kesan yang menyenangkan, lho!

Tidak perlu ragu berkreasi tapi juga harus ingat aturan yang berlaku. Jangan sampai ingin menunjukkan kesan yang “bebas” atau “ceria” tapi melanggar aturan yang ada.

Kalau kamu memiliki tips berpakaian profesional lainnya, bagikan di kolom komentar ya. Share artikel ini ke job seeker yang lain! (RAD)

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.