Tips Berkendara Hemat BBM untuk Mahasiswa

Tips Hemat BBM. (Ilustrasi: Canva)

Tips Hemat BBM. (Ilustrasi: Canva)


Seperti yang kita tau, harga BBM naik dan menyebabkan hampir semua kebutuhan hidup juga ikutan naik. Begini cara berkendara hemat BBM khusus untuk mahasiswa.

Banyak yang melakukan protes setelah harga naik apalagi dirasa BBM yang dipakai justru makin boros.

Sebetulnya bukan makin boros, karena jumlah takarannya jadi lebih sedikit dan teknik berkendaranya tetap sama, makanya dibilang lebih boros. Padahal sama aja, cuman beda di takarannya doang.

Nah, untuk meminimalisir penggunaan BBM yang lebih boros, ada baiknya kamu melakukan teknik eco driving.

Menurut Kementerian LHK, selama 8 tahun percobaan eco-driving bisa menghemat rata-rata 10-25 persen penggunaan bahan bakar.


Eco driving sendiri sering disebut sebagai teknik mengemudi aman, nyaman, efisien, dan ramah lingkungan.
 

Tips Berkendara Hemat BBM


Seperti apa cara berkendara yang bisa menghemat konsumsi BBM? Simak pembahasan kali ini ya!

Baca Juga: Harga BBM Naik, 4 Sektor Ini Akan Terdampak Langsung!
 

1. Gunakan bahan bakar yang sesuai


Pastikan kendaraanmu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan jenis mesinnya. Kalau bisa di atas ketentuan standarnya, biar lebih gacor!

Misalnya mesin kendaraanmu harus menggunakan pertalite, akan lebih bagus diisi dengan pertamax. Tapi tentu saja sesuaikan dengan budget yang kamu punya.
 

2. Hindari Pengereman Tidak Perlu


Jika tidak perlu menekan rem, sebaiknya tidak perlu digunakan. Pengereman yang tidak perlu bisa membuat kendaraanmu menggunakan BBM lebih banyak.

Berkendaralah dengan kecepatan aman sehingga kamu tidak perlu menggunakan rem terlalu sering.
 

3. Cek Tekanan Ban


Cek tekanan ban kendaraanmu secara berkala, jangan menunggu bocor dulu baru melakukan perbaikan. Mintalah bantuan teman atau keluarga untuk cek tekanan ban dengan cara menekan ban.

Tanda lainnya ketika tekanan ban berkurang adalah laju kendaraanmu jadi lebih lambat daripada biasanya. Kalau sudah merasa laju kendaraan melambat, segera tambah tekanan ban untuk menghindari bocor di tengah jalan.
 

4. Tidak Sering Memanaskan Motor


Memanaskan motor tidak perlu setiap hari, terlebih jika penggunaannya terbilang jarang. Kamu bisa memanaskan kendaraanmu secara berkala.

Bisa setiap 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Durasi memanaskannya pun juga tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit saja.

Baca Juga: Harga BBM Naik, Ini Pilihan Mobil Listrik yang Bisa Dijadikan Kendaraan Alternatif
 

5. Membuka Gas Perlahan


Pelan-pelan membuka gas kendaraanmu akan meringankan beban kerja mesin. Sehingga penggunaan bahan bakar juga lebih efektif.

Bekendara dengan aman, nyaman, dan tidak agresif di jalanan juga bisa membuat kendaraanmu jadi lebih hemat BBM.
 

6. Jaga Kecepatan Konstan


Hindari ngebut dalam berkendara, santai dan tetap aman. Jaga jarak dengan kendaraan lain di jalan dan beradab terhadap sesama pengguna jalan.

Tidak perlu kecepatan tinggi, cukup konstan. Jangan sering naik turun kecepatan karena akan menguras penggunaan BBM kendaraanmu dengan cepat.
 

7. Bawa Barang sesuai Kapasitas


Membawa barang melebihi kapasitas yang seharusnya itu sangat berbahaya dan rawan kecelakaan. Selain tidak aman untukmu, overload sangat berbahaya untuk pengguna jalan lainnya.

Kelebihan muatan ini juga bisa menyebabkan kendaraanmu boros BBM karena membawa beban yang berat melebihi kapasitasnya.
 

8. Perawatan Berkala


Rawat kendaraanmu agar selalu dalam kondisi yang prima dan aman digunakan. Lakukan servis minimal 2 bulan sekali seperti penggantian oli dan pembersihan filter udara.

Patokan servis berkala itu biasanya per 2 bulan atau per 2000 km untuk sepeda motor. Kamu bisa service kendaraanmu di bengkel terpercaya atau di dealer resmi kendaraan masing-masing.

Apakah kamu sudah menerapkan eco driving seperti di atas? Coba ceritakan pengalamanmu menerapkan eco driving dengan kendaraan kesayanganmu di kolom komentar! (RAD)

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.