Sudah Akhir Tahun Nih, Saatnya Cek 5 Langkah Berikut Untuk Persiapan Liburan!

Liburan nyaman dan hemat (Sumber gambar : pexel.com)

Liburan nyaman dan hemat (Sumber gambar : pexel.com)

Like

"Asalah ketajamanmu dalam bekerja dengan menikmati waktu liburan"


Sebuah kalimat anonim yang perlu diperhatikan dan dipraktikkan yah Be-Emers, apalagi menjelang akhir tahun seperti saat ini. Tetapi, jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut agar tidak boncos dong.
 

Tips Persiapan Akhir Tahun


Baik liburan bersama teman maupun dengan keluarga, berikut adalah tips yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan untuk persiapan akhir tahun yang kurang beberapa saat lagi
 

1. Evaluasi Cashflow Keuangan


Sebelum memutuskan untuk melakukan liburan akhir tahun, siapapun kamu, apapun profesinya, cek dulu cashflow keuangan bulanan. Apa benar tidak ada minus atau tanggungan yang perlu diselesaikan terlebih dahulu?

Jika memang ada, cukup tahan diri untuk tidak melakukan liburan akhir tahun yang menghabiskan budget banyak yah. 
 

2. Buat Anggaran atau Budget yang jelas


Setelah melakukan pengecekan cashflow keuangan, kamu pasti bisa membuat budget yang realistis dan sesuai dengan keadaan keuangan.


Apabila cashflow tidak begitu baik, tentu saja tidak disarankan membuat budget yang tinggi untuk liburan akhir tahun, langkah kedua ini akhirnya akan mempermudah untuk langkah berikutnya yaitu menentukan destinasi. 
 

3. Menentukan Destinasi


Penentuan tujuan liburan pasti akan lebih mudah jika budget sudah ada. Kamu bisa memilih destinasi yang terjangkau dan berlokasi dekat atau memang destinasi jauh dengan budget tinggi.

Jauh dekatnya tentu saja mempengaruhi budget yang sudah dibuat sebelumnya, karena pemilihan destinasi ini tentu saja terkait dengan akomodasi yang akan dipakai.

Destinasi menentukan budget kendaraan, yaitu menggunakan transportasi darat, laut atau udara. Begitupun dengan penginapan, apakah diperlukan atau bisa pulang pergi dalam sehari.
 

4. Berburu Promo


Banyak yang dipromokan menjelang akhir tahun, bukan hanya barang namun berbagai akomodasi seperti tiket pesawat dan juga berbagai penginapan hotel. Kamu bisa mencoba memanfaatkan promo akhir tahun tersebut yaa.
 

5. Menjaga kesehatan


Salah satu nikmat yang patut disyukuri adalah diberikan kondisi yang sehat dan fit. Oleh sebab itu, langkah terakhir sesudah tips yang sebelumnya adalah mengkonsumsi buah dan sayur, minum yang cukup serta istirahat berkualitas. 

Demikian beberapa tips untuk kamu yang ingin menikmati liburan akhir tahun yang sudah di depan mata. Semoga bermanfaat! 

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.