Enggak Bingung Lagi, Kini Perhitungan Umur Korea Ikut Internasional

Umur Korea (Foto: Jeon Han Flickr)

Umur Korea (Foto: Jeon Han Flickr)

Like

Korea Selatan selain terkenal dengan Kpop dan dramanya, juga terkenal memiliki perhitungan umurnya sendiri. Tapi, kabarnya Korea Selatan akan menghentikan perhitungan umur dengan metodenya sendiri dan ikut perhitungan umur internasional.

Be-Emers yang suka Kpop, Kdrama, atau paham sama Korea Selatan pasti tau kalau Korea Selatan punya perhitungan umur sendiri.

Perhitungan umur di Korea Selatan ini membuat bayi-bayi yang baru lahir sudah berumur satu tahun. Ini juga membingungkan masyarakat internasional karena orang-orang Korea Selatan jadi lebih tua satu tahun.

Orang Korea Selatan menganggap umur mereka sudah dihitung sejak masih berada dalam rahim. Inilah mengapa Oppa yang tahun lahirnya sama denganmu justru umurnya lebih tua, Be-Emers!

Perhitungan yang membingungkan ini kabarnya akan segera dihapus dan Korea Selatan akan mengikuti perhitungan umur internasional. 


Baca Juga: Daebak, Ternyata Ini Peran Chaebol untuk Korea Selatan!
 

Korea Selatan Pakai Perhitungan Umur Internasional


Dilansir dari CBS News, warga Korea Selatan mungkin bertambah satu atau dua tahun lebih muda setelah anggota parlemen mengesahkan undang-undang baru untuk membakukan cara menghitung usia seseorang.

Selama ini telah terjadi kebingungan antar masyarakat di Korea Selatan tentang bagaimana metode menghitung usia yang benar atau berapa sebenarnya usia mereka. 

Pemerintah Korea Selatan menerapkan mulai Juni 2023, usia yang dilaporkan dalam dokumentasi resmi harus dihitung sesuai dengan metode internasional.

Hal ini juga dilakukan sebagai upaya mengurangi kebingungan antara berbagai metode perhitungan usia di Korea Selatan.

Korea Selatan sudah menggunakan metode kuno ini sejak lama dan belum pernah berganti. Ini menimbulkan salah tafsir dan kebingungan karena menyangkut administrasi. 

Dilatarbelakangi keputusan tersebut, pemerintah Korea Selatan akhirnya membuat keputusan untuk menyeragamkan metode perhitungan usia dengan cara seseorang akan bertambah umur ketika berulang tahun, bukan pada saat lahir sudah bertambah umur. 

Baca Juga: Lee Seung Gi Tak Terima Royalti dari Agensi Selama 18 Tahun
 

Cara Menghitung Usia Korea Selatan 


Hingga saat ini di Korea Selatan ada beberapa cara menghitung usia. Cara yang paling populer adalah “usia Korea”, bayi dianggap berumur satu tahun saat lahir. Pencatatan umur sudah dilakukan saat dalam rahim dan akan bertambah usia pada 1 januari.

Metode kedua adalah “menghitung usia”, metode ini membuat usia seseorang dimulai dari nol saat lahir dan bertambah tahun setiap tahun baru.

Kemudian metode selanjutnya adalah usia internasional, metode ini sudah digunakan oleh sebagian orang Korea Selatan. Perhitungan ini adalah perhitungan yang digunakan oleh hampir semua negara di dunia. Metode ini berdasarkan ulang tahun.

"Revisi ini bertujuan untuk mengurangi biaya sosial-ekonomi yang tidak perlu, karena perselisihan hukum dan sosial serta kebingungan tetap ada karena cara menghitung usia yang berbeda," kata Yoo Sang-bum dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa kepada parlemen.

Menurut siaran pers, mayoritas orang Korea siap menggunakan usia internasional mereka untuk mengurangi kebingungan tentang usia di negara tersebut.

"86,2% responden menjawab bahwa mereka akan menggunakan metode internasional dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan minat nasional terhadap 'Unifikasi ke era internasional' sangat tinggi," bunyinya.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.