Lee Seung Gi Tak Terima Royalti dari Agensi Selama 18 Tahun

Royalti Lee Seung Gi. (Foto: Dispatch.co.kr)

Royalti Lee Seung Gi. (Foto: Dispatch.co.kr)


Aktor Korea Lee Seung Gi dikabarkan tidak menerima royalti atas karya musiknya selama 18 tahun. Padahal karya-karyanya masuk dalam urutan teratas musik-musik Korea Selatan. Kok bisa?

Bagi penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing dengan aktor Lee Seung Gi. Wajahnya sudah terpampang pada puluhan drama dan film.

Ia juga menjadi salah satu aktor Korea favorit karena kemampuan akting yang baik dan pribadi yang ia tunjukan ke publik menyenangkan.

Ia hampir tidak pernah terkena skandal yang mencoreng namanya sehingga bisa terus diterima masyarakat Korea Selatan yang sangat sensitif terhadap hal seperti itu.

Sayangnya, kabar kurang menyenangkan datang dari Lee Seung Gi. Ia dikabarkan mendapat kecurangan dari agensinya sendiri, Hook Entertainment.
 

Royalti Tak Dibayarkan 18 Tahun



Pemberitaan soal tak dibayarkannya royalti Lee Seung Gi pertama kali mencuat dari media entertainment Korea Selatan Dispatch.

Dalam laporan Dispatch yang dikutip dari Koreaboo, selama 18 tahun Lee Seung Gi telah mengeluarkan banyak lagu-lagu hits namun tidak mendapat royalti sama sekali atas lagu-lagunya. 

Baca Juga: #FunFact: Trainee untuk Jadi Idol K-Pop, Sulit Enggak Sih?

Sejak Lee Seung Gi debut dengan album pertamanya The Dream of A Moth tahun 2004, ia telah menjadi korban gaslighting dan perbudakan oleh agensinya sendiri. 

Bahkan beberapa dokumen pendapatan atau revenue dari awal karirnya telah dimusnahkan, sehingga sangat sulit untuk melakukan verifikasi berapa nominal yang seharusnya ia terima.

Pada 17 November Lee Seung Gi secara resmi meminta laporan pendapatannya selama 18 tahun pada agensinya. Ini yang menjadi awal mula terkuaknya kecurangan Hook Entertainment. 

Lee Seung Gi menjual setidaknya 100.000 eksemplar dari tiga album pertamanya yang dirilis pada tahun 2004, 2006, dan 2007. 

Popularitasnya juga sangat tinggi dengan lagu-lagunya diunduh dan digunakan menjadi ringtone dan backsound.

Dispatch berhasil mendapatkan data dari kanal yang mendistribusikan musik Lee Seung Gi. Antara tahun 2006 dan 2022, aktivitas musikal Lee Seung Gi menghasilkan pendapatan lebih dari 9,60 miliar KRW atau sekitar US$7,16 juta. 

Hilangnya informasi dari Hook Entertainment membuat pembukuan dari Juni 2004 hingga Agustus 2009 tidak dapat diverifikasi sepenuhnya.
 

Awal Terkuak


Kecurangan Hook Entertainment terkuak dari pesan yang salah kirim. Pada 29 Januari 2021, Lee Seung Gi menerima SMS yang berisi catatan pendapatan lagu-lagu dan album-albumnya. 

Dari pesan tersebut Lee Seung Gi sadar bahwa selama ini dia menghasilkan banyak untung dari karya-karyanya. 

Baca Juga: Hadir di Sidang Umum PBB, K-Pop Idol BTS Ingin Anak Muda Tetap Kejar Mimpi!

Padahal agensinya mengatakan bahwa sebagai musisi Lee Seung Gi adalah musisi yang gagal bahkan minus bagi agensinya. 

Dari situ Lee Seung Gi merasa curiga dan mengirimkan pesan tersebut kepada musisi senior kenalannya. 

Dari diskusi yang terjadi, Lee Seung Gi sadar bahwa selama ini dia telah menjadi korban gaslighting dan kecurangan dari agensinya sendiri.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.