Perayaan 100 Tahun Stan Lee, Sosok di Balik Superhero Marvel!

Stan Lee (Foto: Twitter @TheRealStanLee)

Stan Lee (Foto: Twitter @TheRealStanLee)

Like

Tanggal 28 Desember 2022 lalu menandai 100 tahun Stan “The Man” Lee. Meskipun sang komikus legendaris telah meninggal pada tahun 2018, warisannya terus menginspirasi kita semua.

Stan Lee bersama Marvel Comics menciptakan beberapa karakter ikonik dan mudah dikenali dalam komik dan bioskop, lho!

Contohnya Spider-Man, Captain America, Black Panther, Iron Man, Thor, Black Widow, X-Men, dan hampir semua Avengers di Marvel Cinematic Universe.
 

Stan Lee dan Dunia Komik


Di bawah Stan Lee, Marvel mengubah dunia komik dan menanamkan karakternya dengan keraguan dalam diri dan pola pikir orang kebanyakan. Keberhasilan para pahlawan Lee dibangun diatas interaksi antara ketidaksempurnaan karakter mereka dan kemampuan manusia super mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post pada tahun 1992, Lee mengatakan bahwa sebelum dia membuat karakter komik, semua karakter komik kebanyakan tidak memiliki kepribadian yang nyata.


Bersamaan dengan pembangunan karakter yang kompleks, Stan Lee juga menggunakan media dengan perspektif sosial yang sebelumnya jarang di ekspos. Seringkali ia memilih tema sosial politik yang kompleks melalui komiknya.

Misalnya, dengan Black Panther, dia menciptakan pahlawan super Afrika dengan komik yang sering mencerminkan perdebatan umum seputar rasisme.

The Incredible Hulk, cerita tentang seorang ilmuwan pria yang berubah menjadi monster karena radiasi, menunjukkan seorang pahlawan super yang tersiksa, yang sering menyebabkan kehancuran yang tidak disengaja dalam kemarahan.

Pahlawan super klasik Lee adalah Spider-Man. Seorang yang cerdas di sekolah dan pemalu yang kemudian memperoleh kekuatannya ketika digigit laba-laba radioaktif. 

Spider-Man juga jadi tokoh paling populer dan favorit bagi Stan Lee. Selain itu, hal ini juga menujukan bahwa Stan Lee selalu memanusiakan karakter superhero-nya.

Perayaan 100 tahun Stan Lee diperingati oleh para fans dari banyak kalangan mulai dari tokoh komikus, sutradara, hingga pecinta komik dengan menggunakan hashtag #StanLee100 di Twitter dan Instagram.

Kreasi Stan Lee yang visioner telah menjadi inspirasi bagi banyak budaya populer yang ada saat ini.

Selamat ulang tahun, Stan Lee!

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.