Investor Pemula Wajib Nonton Film tentang Saham Berikut!

Film Tentang Saham untuk Investor Pemula. (Gambar: Netflix)

Film Tentang Saham untuk Investor Pemula. (Gambar: Netflix)


Belajar investasi saham bisa dari mana saja lo, salah satunya dengan menonton film. Berikut adalah rekomendasi film tentang saham!

Investasi saham kini semakin banyak diminati khususya Generasi Millennials dan GenZ. Tahun lalu berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, 81 persen investor didominasi oleh kelahiran antara 1981-1996, dan 1997-2012.

Padahal, untuk menjadi investor banyak sekali tantangan dan tentu tidak mudah untuk menjalaninya, butuh ketenangan dan kebiijakan salam melakukan tiap transaksinya.

Be-Emers harus berpikir cerdas dan melakukan analisa yang tepat setiap saham yang kita beli melesat jauh atau bahkan anjlok turun.

Nah, untuk belajar investasi saham Be-Emers bisa dapat dari mana saja lo, salah satunya dengan menonton film.
 

10 Film Tentang Saham yang Wajib Ditonton



Be-Emers yang suka nonton film ada 10 rekomendasi film soal investasi dan wajib banget kalian tonton kalau kalian adalah investor pemula.
 

1. Wall Street (1987)


Film Wall Street membahas tentang Bud Fox yang memiliki ambisi untuk sukses dengan cepat. Fox kemudian melakukan hal apapun supaya dirinya dapat mencapai puncak kesuksesan.

Namun kesuksesan Fox didapatkan dengan cara-cara yang illegal. Film Wall Street ini dibintangi oleh Charlie Sheen dan Michael Douglas.
 

2. Margin Call (2011)


Film Margin Call menceritakan tentang apa yang terjadi ketika suatu perusahaan memiliki terlalu banyak utang yang tidak bisa dibayarkan.

Film ini berasal dari kisah nyata krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008. Film ini dibintangi oleh Kevin Spacey, Jeremy Irons, dan Paul Bettany.

 

3. The Wolf of Wall Street (2013)


Film The Wolf of Wall Street ini dibintangi oleh aktor papan atas Leonardo DiCaprio, Margot Robbie, dan Jonah Hill. Film ini menggambarkan kisah nyata yang terjadi dari Jordan Belfort, pialang saham yang sukses dalam waktu singkat.

Namun, kesuksesan Belfort nyatanya harus dibayar dengan mahal akibat kasus korupsi dan penipuan yang terjadi di perusahaan miliknya, Stratton Oakmont yang berlokasi di Kota New York.

Baca Juga: 5 Drakor Underrated Ini Ternyata Wajib Ditonton!


4. Becoming Warren Buffet (2017)


Dalam hal investasi siapa tidak kenal Warren Buffet? Salah satu ikon trader terkenal pencetus ETF ini sangat terkenal.

Film ini juga perlu kita lihat untuk melihat bagaimana Buffet meniti jalan sukses kariernya. Film documenter Warren Buffet ini membawa kita untuk menilik kisah hidup Buffet baik pada karier dan kehidupan pribadinya.


5. Banking on Bitcoin (2017)


Film dokumenter ini bercerita tentang sejarah dan wawancara dengan para pegiat Bitcoin dan juga BlockChain yang ilmunya juga cocok untuk kamu pelajari.

Kamu yang tertarik dengan digital money cocok sekali Be-Emers nonton film ini karena banyak pelajaran tentunya bagi investor pemula.


6. Trading Places(1983)


Film ini mengambil kisah tentang dua pedagang dari Philadelphia, Randolph dan Mortimer yang bereksperimen kepada karyawannya dari kalangan bangsawan dan seorang penipu dengan struktur sosial rendah.

Film ini dibintangi oleh Ralph Bellamy, Don Ameche, Dan Aykroyd, Eddie Murphy, dan disutradarai oleh John Landis.


7. The Persuit of Happyness (2006)


Film yang dibintangi oleh Will Smith ini diangkat dari kisah nyata Chris Garder yang menulis autobiografinya dan kemudian difilmkan.

Kisah hidup Gardner sangat tidak mulus dan cenderung hidup dalam kesusahan dan kesulitan yang nyata. Suatu ketika Gardner dan anaknya diusir dari rumah sewaan mereka karena tidak mampu lagi membayar.

Gardner dan putranya pun lalu tinggal di panti untuk tunawisma. Kisah hidup yang sulit ini terbayar lunas dengan cerita akhir yang bahagia dan cerita tentang suksesnya seorang Gardner.

Baca Juga: 8 Film Hollywood yang Tayang di 2023, Layak Ditunggu!


8. Capitalism (2009)


Film Capitalism akan menguak tentang kejadian penipuan pasar saham nyata yang terjadi pada tahun 2008 di Amerika Serikat.

Setelah adanya krisis moneter 2007, semua orang mati-matian untuk berinvestasi pada saham China dan berkolaborasi dengan perusahaan investasi Amerika.

Padahal, perusahaan China tersebut merupakan scam companies yang tidak memiliki pengalaman dalam hal bisnis.

 

9. Inside Job (2010)


Film Inside job merupakan film dokumenter yang berkisah mengenai krisis keuangan pada tahun 2008 yang membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan akibat adanya kasus korupsi sistematis di Amerika Serikat.

Cerita dalam film berfokus pada penyebab terjadinya krisis ke dalam 5 bagian waktu dan bisa membantu Kamu belajar tentang regulasi keuangan secara global.

 

10. Too Big To Fail (2011)


Masih dalam cerita latar krisis moneter 2008, film Too Big To Fail menceritakan tentang perusahaan-perusahaan keuangan besar yang turut berpengaruh terhadap terjadinya krisis keuangan.

Film dokumenter ini diadaptasi dari buku dengan judul sama karya Andrew Ross Sorkin.

Nah Be-Emers dari 10 rekomendasi film di atas, mana aja nih yang sudah kalian tonton? Coba tulis komentar kalian di kolom komentar ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.