5 Pekerjaan yang Diprediksi Bisa Digantikan AI, Apa Saja Tuh?

5 Pekerjaan yang Diprediksi Bisa Digantikan AI. (Ilustrasi: Canva)

5 Pekerjaan yang Diprediksi Bisa Digantikan AI. (Ilustrasi: Canva)

Like

Artificial intelligence atau AI dalam dunia kerja semakin diperhitungkan. Banyak bidang pekerjaan yang mulai pakai AI. Kira-kira pekerjaan apa saja yang terancam digantikan AI?

Teknologi terus berkembang hingga lahir yang terbaru bernama artificial intelligence atau AI. AI ini bisa disebut juga dengan kecerdasan buatan. 

Mengutip dari website Amazon, AI adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. 

AI mungkin berkonotasi dengan robotika atau adegan futuristik, Kecerdasan Buatan (AI) mengungguli robot fiksi ilmiah, ke dalam non-fiksi ilmu komputer canggih modern. 

Ada banyak perusahaan yang sudah menciptakan AI. Google dan OpenAI adalah contoh yang paling terkenal. Semakin masif penggunaan AI membuat was-was orang yang bekerja di bidang pekerjaan tertentu.


Ada prediksi bahwa AI akan menggeser fungsi manusia di pekerjaan-pekerjaan tertentu. Forbes telah menulis laporan bidang pekerjaan apa saja yang terancam dengan berkembangnya AI.
 

Pekerjaan yang Berpotensi Digantikan AI


Mengutip dari Forbes, berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang diprediksi bisa saja digantikan oleh AI.

Baca Juga: Bard Jadi AI Baru Google, Lebih Canggih Dari ChatGPT?
 

1. Media dan Pemberitaan


BuzzFeed mengumumkan akan menggunakan teknologi AI, tepatnya ChatGPT untuk menyempurnakan kuis online dan mempersonalisasi konten tertulis. Di tanggal 14 Februari, BuzzFeed telah meluncurkan konten pertama dengan bantuan AI berupa kuis-kuis dengan tema valentine.

CNET juga bereksperimen dengan teknologi AI saat menulis artikel. November lalu, bulan yang sama dengan peluncuran ChatGPT, CNET mulai menggunakan AI. Sejauh ini, penerbit telah menulis lebih dari 75 artikel dengan memanfaatkan teknologi ini.
 

2. HR dan Legal


Kemampuan ChatGPT untuk menghasilkan teks tertulis dengan cepat berimplikasi pada pekerjaan yang melibatkan penyusunan dokumen dan kontrak yang panjang. AI dapat membuat proses pembuatan dokumen-dokumen jadi lebih efisien.

Beberapa manfaat tambahan untuk tim HR mungkin melibatkan proses perekrutan dan wawancara. AI yang dilatih pada kumpulan data besar dapat memahami kandidat ideal perusahaan sambil melacak dan menilai resume yang diajukan oleh calon karyawan
 

3. Computer programming


AI ChatGPT bisa melakukan pengkodingan untuk software dan aplikasi. Bahkan AI ini bisa memeriksa kesalahan bahasa pemrograman. Namun, ChatGPT menghasilkan kode komputer bersumber dari kumpulan data kode yang telah ada.

Saat kemampuan pengkodean AI berkembang, kemungkinan pekerjaan pengkodean dapat berkurang. OpenAI telah mengembangkan Codex, sebuah sistem AI yang menerjemahkan bahasa alami menjadi kode, dan Microsoft telah mulai bereksperimen dengan teknologi ini.
 

4. Customer Service


Di luar negeri McDonald’s dan Chipotle bereksperimen dengan robot AI di drive thru meskipun belum cukup luwes meniru pekerjaan manusia sungguhan. Lainnya adalah Canal Insurance, sebuah perusahaan asuransi truk, baru-baru ini bermitra dengan CLARA analytics. 

Baca Juga: Selain ChatGPT, Ini Produk Canggih OpenAI! Pernah Coba?

CLARA menyediakan teknologi pengoptimalan klaim asuransi yang menilai dan membantu penyelesaian klaim. Ini juga mengidentifikasi kasus-kasus yang berisiko eskalasi. Teknologi ini dapat meningkatkan layanan pelanggan bagi banyak perusahaan dan mempercepat proses yang tidak efisien.
 

5. Internship


Tidak hanya pekerja formal, pegawai magang atau internship juga berpotensi digeser AI. Banyak tugas intern yang merupakan tugas biasa seperti mengirim email, mengurus dokumen, dan copywriting. Hal itu telah bisa dilakukan oleh AI.

Pekerja intern juga harus dipenuhi hak-haknya sehingga menggesernya dengan AI sama dengan efisiensi dari segi biaya. Mungkin menggunakan AI akan terasa berat di awal, tapi secara jangka panjang akan lebih hemat. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.