Intip Serunya Book Week untuk Tingkatkan Minat Baca Siswa!

Book week tema The Miraculous Journey of Edward Tulane (Foto: Dok. pribadi)

Book week tema The Miraculous Journey of Edward Tulane (Foto: Dok. pribadi)

Like

Book week atau pekan buku merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi di banyak sekolah. Acara ini dilakukan dengan tujuan untuk menambahkan minat siswa dalam membaca.

Itu memiliki peran penting bagi para pelajar untuk terus meningkatkan dan menanamkan budaya membaca. Yaps, kita semua tentu tahu bahwa otak kita diberi makan dengan cara membaca buku.

Ini karena buku merupakan sumber ilmu terbaik bagi siapapun yang membacanya dan bagaimana itu akan menjadi jendela ilmu yang akan membuka cakrawala kehidupan kita yang rajin membaca.

Salah satu sekolah yang terus menanamkan pentingnya membaca adalah sekolah di Cikarang. Sekolah ini kembali mengadakan kegiatan book week dengan tema The Miraculous Journey of Edward Tulane.

Acara digelar dengan karakter utama Edward Tulane yang merupakan boneka kelinci dengan petualangan yang dilakukannya. Tentu, di buku ini kita juga banyak belajar hal, salah satunya amanat yang bisa diambil dari cerita ini ialah bahwa sehancur-hancurnya kita, tetap ada Tuhan yang menemani di sepanjang masa.


Kegiatan ini akan menjadi sebuah acara yang menarik bagi seluruh warga sekolah karena dari sini kita akan mengikuti banyak hal dan pengalaman-pengalaman baru yang bisa menambah wawasan kita tentunya.

Diawali dengan Read Aloud di setiap pelajaran Bahasa Inggris yang sudah dimulai sejak Januari, kegiatan ini dilakukan secara bergantian dengan membaca beberapa bab yang ada di dalam buku The Miraculous Journey of Edward Tulane di setiap sesinya.

Baca Juga: Ini 3 Tips Biar Betah Baca Buku

Hingga akhirnya para murid akan disuruh menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru pembimbing dalam bentuk kelompok yang diulang terus menerus kegiatan ini hingga bab dari buku ini selesai dibaca.

Selain itu, ada pula kegiatan Sustained Silent Reading Book yang dilakukan 3 kali dalam sehari diwaktu-waktu tertentu. Di kegiatan ini siswa akan membaca buku berbahasa Inggris dan setelah selesai membacanya mereka akan merangkumnya.

Tidak hanya itu, para murid di setiap kelas juga mendapatkan paws yang ditempelkan di dinding sekolah hingga nantinya sampai di tujuan akhir dan mendapatkan sebuah hadiah untuk paws yang paling banyak.

Ada pula kegiatan yang tidak pernah terlewatkan selama kegiatan book week di setiap tahunnya yaitu hadirnya beberapa vendor buku seperti Books& Beyond, Penerbit Erlangga, serta beberpa vendor buku lainnya.

Pameran buku ini berlangsung dari hari Senin, 13 Februari 2023 hingga puncak acara pada 17 Februari 2023. Di puncak book week ini juga pihak sekolah menyelenggarakan Culminating Activity dengan berbagai kegiatan seperti outdoor activity dan juga class photo session.

Semangat untuk menanti kegiatan puncak ini terlihat dengan jelas dari bagaimana mereka excited dalam melihat spot-spot yang ada di setiap lantainya.

“Acara book week kali ini lucu-lucu banget dekorasinya, banyak insight-insight baru yang bisa saya dapetin dari kegiatan ini,” ujar Sheline yang merupakan siswi yang duduk di kelas 12.

Baca Juga: Cocok untuk Self Improvement! 5 Rekomendasi Buku Ini Harus Kamu Baca

Book week menurut saya adalah acara yang seru karena dari kegiatan ini kita diharuskan untuk membaca buku dan dari hal-hal seperti ini lah yang bisa membuat literasi kita meningkat karena bisa memacu kita untuk terus mau membaca buku dengan situasi dan kondisi yang lebih menyenangkan,” lanjut Destinny saat ditanya pesan dan kesan selama book week tahun ini.

Saat ditanya momen apa yang paling menyenangkan, tentu jawabannya bervariasi. Ada yang mengatakan saat SSR, ada juga yang saat mengunjungi book fair. Ada juga yang menjawab kegiatan yang paling menyenangkan terjadi pada puncak acaranya di hari Jumat.

“Kegiatan puncaknya sih, kayak banyak hal menarik. Games yang seru dan cosplay yang ngikutin tema tahun ini,” ucap Audrey
 

Audrey-Siswi kelas 12 SDH Cikarang.(Foto: Dok. pribadi)

Audrey-Siswi kelas 12 SDH Cikarang.(Foto: Dok. pribadi)

Banyak kenangan yang dibawa pulang oleh para siswa-siswi selama kegiataan book week yang berlangsung selama satu minggu ini. Pembelajaran yang baru dan juga tentunya pengalaman yang akan membekas di hati serta pikiran mereka.

Kita semua mengharapkan bahwa kegiatan book week ini akan terus ada setiap tahunnya agar menjadikan sebuah kebiasaan untuk para murid membaca buku dengan diselingin kegiatan-kegiatan yang seru tentunya.

Buku merupakan teman yang berharga yang selalu mendampingi sepanjang waktu dimana pun berada karena kita semua membutuhkannya hingga di masa depan nantinya.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.