Biaya Umroh Tiap Travel Berbeda, Apa Penyebabnya?

Haji dan Umroh di Makkah (Foto: Canva)

Haji dan Umroh di Makkah (Foto: Canva)

Like

Umroh menjadi salah satu ibadah yang diimpikan banyak orang untuk di jalani. Tapi biaya umroh di Indonesia cukup tinggi, meskipun beragam. Sebenarnya apa yang menyebabkan biaya umroh tiap travel berbeda?

Umroh adalah salah satu ibadah dalam umat Islam yang bisa dilakukan kapan saja tanpa terbatas waktu seperti Haji. Ibadah ini hukumnnya sunnah (tidak wajib). Meskipun tidak wajib, Indonesia merupakan negara dengan jumlah jamaah umroh terbesar di dunia.

Tentu saja hal ini menjadikan bisnis umroh sangat dilirik banyak orang, mulai dengan mendirikan perusahaan sendiri sampai menjadi agen salah satu travel yang sudah memiliki kredibilitas.
 

Ibadah Umroh di Indonesia


Ibadah umroh bisa dilakukan dengan melakukan pendaftaran pada travel umroh yang terdaftar di Kementerian Agama, pada umumnya kita menyebutnya Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Dalam memilih PPIU yang tepat, Kemenag mengenalkan pedoman "5 PASTI" yaitu Pasti-kan travel/bironya, Pasti-kan Jadwalnya, Pasti-kan Terbangnya, Pasti-kan Hotelnya dan Pasti-kan Visanya.


Baca Juga: Untung Buntung Bisnis Travel Haji dan Umrah

Bisnis PPIU memang dipegang oleh pihak swasta dengan pengawasan Kemenag Indonesia melalui perizinan dan akreditasinya. Pendaftaran dilakukan pada travel yang berizin resmi atau agen yang berada di daerah.

Ibadah umroh lebih mudah prosedurnya dibandingkan haji dari sisi administrasi, begitupun dengan keberangkatannya yang tidak perlu menunggu berpuluh tahun sehingga peminat umroh berasal dari berbagai kalangan, baik yang berasal dari kota maupun pedesaan. 

Hal tersebut menjadi salah satu pemicu munculnya jumlah travel umroh yang semakin banyak. Kalau Be-mers menjadi salah satu calon jamaah umroh, pastinya akan memilih travel dengan harga terjangkau tetapi memiliki fasilitas istimewa.
 

Kenapa Harga Umroh Berbeda Tiap Travel?


Nah, ada 4 hal yang mempengaruhi harga tiap travel umroh berbeda-beda, diantaranya adalah sebagai berikut:
 

1. Kredibilitas


Hal ini terkait perizinan travel, apakah travel memiliki izin resmi dari Kemenag yang terbaru. Saat ini, perizinan dan akreditasi PPIU bisa dicek di aplikasi "Umroh Cerdas" yang di rilis kemenag. 
 

2. Maskapai


Penerbangan yang dipakai juga sangat berpengaruh pada harga paket umroh, misalnya pesawat sama dengan landing Kota Jeddah dan Kota Madinah memiliki perbedaan harga. Jenis maskapai juga pastinya membedakan, apakah memakai maskapai dari Indonesia, Malaysia atau bahkan wilayah UEA seperti Emirates dan Etihad yang merupakan maksapai kelas satu. 
 

3. Lama Hari


Travel umroh memiliki beragam waktu ibadah, pada umumnya paling sedikit yakni 9 hari dengan dipotong 2 hari untuk perjalanan pulang dan pergi. Ada pula travel yang memfasilitasi sampai 20 hari lebih ibadah selama disana. Karena itu, tiap travel memiliki waktu tinggal yang berbeda-beda. 

Baca Juga: Tips Milenial Mengatur Keuangan untuk Biaya Ibadah Haji
 

4. Hotel


Ibadah umroh pada umumnya akan mengunjungi 2 kota suci yaitu Madinah dan Mekkah, sehingga tiap travel akan menawarkan fasilitas hotel mulai dari bintang 3 sampai bintang 5.

Akan tetapi, sebenarnya bukan semata-mata hotel berbintang yang membedakan tetapi jarak antara hotel menuju pelataran masjid Nabawi (Kota Madinah) dan masjidil Haram (Kota Mskkah). Semakin dekat jarak hotel dengan pelataran, otomatis semakin tinggi harganya, begitupun sebaliknya. 

Kesimpulannya, apabila Be-emers mau membandingkan satu sama lain antara travel umroh, sebaiknya pertimbangan 4 poin diatas yah. Jadi, Be-emers tidak terjebak dengan harga murah belaka, tetapi pelayanan ibadah juga didapatkan dengan baik dan maksimal
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.