Tips Milenial Mengatur Keuangan untuk Biaya Ibadah Haji

Tips Milenial Mengatur Keuangan Untuk Biaya Ibadah Haji - Bisnis Muda - Image canva.com

Tips Milenial Mengatur Keuangan Untuk Biaya Ibadah Haji - Bisnis Muda - Image canva.com

Like

Bagi semua umat muslim, bisa menjalankan ibadah haji tentunya menjadi impian yang ingin terwujud. Melakukan keberangkatan haji dengan keluarga agar bisa beribadah bersama adalah suatu pencapaian yang ingin diraih.

Apalagi, bagi kaum milenial yang sudah memiliki pekerjaan, serta tentunya ingin bisa mewujudkan mimpi-mimpinya dan mimpi kedua orang tuanya untuk bisa melakukan ibadah haji.

Milenial dan generasi Z yang lahir di zaman serba canggih ini, sepertinya sebagian besar sudah paham akan keuangan dengan cepat dan bisa menerapkannya ke dalam kehidupan.

Seperti sudah banyak tersebarnya di internet mengenai tips atau cara dalam mengatur keuangan untuk bisa berangkat haji. Berikut beberapa langkah yang efektif dalam menyiapkan dana untuk bisa ibadah haji.
  • Membuat Pencatatan Tabungan
Dana yang diperlukan memang sebetulannya tidaklah sedikit. Apalagi, untuk bisa berangkat haji.

Dilansir Glints.com, setiap melakukan pencatatan tabungan harus lebih dulu mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk bisa pergi haji dalam beberapa tahun ke depan. Atau setidaknya, buatlah catatan sesuai target yang sudah ditentukan.


Salah satunya yang bisa diterapkan ialah melakukan penghitungan atau pencatatan tabungan yang memang di khususkan untuk ibadah haji.
  • Menyiapkan Tabungan Khusus Haji
Dalam mewujudkan impuian untuk bisa berangkat haji, kaum milenial harus bisa mengatur keuangannya. Seperti menyiapkan tabungan khusus haji, agar tidak bisa disalahgunakan.

Better Money Habits mengatakan, cara yang paling efektif dalam menabung ialah dengan memilih jenis tabungan yang paling tepat. Sudah banyak bank yang memang menyiapkan tabungan khusus haji.

Nah, sekarang tinggal dari kaum milenialnya saja ingin memilih yang mana. Sebelum memilih, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu agar bisa terjamin dana hajinya.
  • Pergi Haji Dijadikan Prioritas
Seberapapun gaji yang dimiliki oleh kaum milenial, jika ingin menjalankan ibadah haji dengan niat, sudah pasti akan bisa terwujud.

Dengan niat yang sudah dijalankan, jangan sampai tergoda dengan hal-hal lain. Misalnya, menggunakan tabungan terlebih dahulu untuk melakukan shopping, nongkrong atau traveling yang memerlukan biaya cukup banyak.
  • Bisa Mengoleksi Emas
Cara ini bisa dilakukan oleh kaum milenial yang tentunya sudah paham bagaimana berinvestasi emas dengan bijak. Dengan berinvestasi emas, hal itu akan mempermudah kaum mileniar untuk mempercepat mimpinya berangkat haji, karena tentunya kamu tidak akan asal menjualnya saja.

Baca Juga: Antara Emas dan Crypto, Mana yang Lebih Unggul?

Tips berinvestasi emas untuk bisa berangkat haji, kaum milenial dapat melakukan pembelian emas dengan harga yang murah untuk dijual di kemudian hari ketika harga emas memang sedang naik daun atau mahal.
  • Ketahui Kemapuanmu
Jika ingin melakukan ibadah haji, sebaiknya jangan terlalu gegabah. Sebab, untuk bisa menabung yang memang dikhususkan untuk ibadah haji, perlu dibutuhkannya kemampuan dalam mengelolanya juga.

Kebutuhan haji pun memang harus dipikirkan lebih dulu dengan matang. Jangan terlalu memaksakan karena akan mengakibatkan keuangan kamu menjadi rusak atau tidak teratur.

Kalo dari Be-emers yang kamu milenial gimana nih? Adakah tips untuk bisa mengatur keuangan untuk ibadah haji?