Body Goals di Bulan Ramadhan, Emang Bisa? Cek Tips Diet Plan!

Diet Plan di Bulan Ramadhan (Ilustrasi: Canva)

Diet Plan di Bulan Ramadhan (Ilustrasi: Canva)

Like

Bulan ramadhan menjadi waktu bagi umat Islam di seluruh dunia untuk berefleksi, beribadah, dan mempraktikkan disiplin diri. Selama bulan ramadhan ini, banyak orang juga mengambil kesempatan untuk fokus pada tujuan kesehatan, termasuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan melalui diet plan.

Dengan dedikasi, motivasi, dan beberapa tips sederhana, Be-emers dapat mencapai kemajuan yang signifikan menuju body goals yang sehat.

Menurut ahli Gizi dari UGM, Rahadyana Muslichah, S.Gz., M.Sc., diet harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh dan melalui pendampingan dari profesional seperti ahli gizi.

Baca Juga: Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Diet yang berhasil dilakukan pada satu individu tidak lantas bisa diterapkan pada individu lainnya karena masing-masing individu memiliki kebutuhan harian yang berbeda.


Melalui diet plan saat berpuasa, bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kesehatan dan mencapai tujuan penurunan berat badan. Namun, penting untuk  berhati-hati dan tetap berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memulai diet. 
 

Tips Diet Plan di Bulan Ramadhan


Berikut adalah insight bagaimana diet plan di bulan ramadhan yang dapat diikuti dengan aman dan efektif.
 

1. Makan Sahur Seimbang


Penting untuk memiliki makanan sahur seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat. Karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran menyediakan energi untuk hari itu, sedangkan protein dan lemak sehat membantu merasa kenyang dan puas.
 

2. Hindari Makanan yang Digoreng dan Diproses


Makanan yang digoreng dan diproses tinggi kalori, lemak, dan garam. Makanan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dan menyebabkan penambahan berat badan. Sebaliknya, pilihlah makanan panggang yang rendah lemak dan garam.

Baca Juga: Wah, Menu Takjil Ramadhan Ini Tak Bisa Terlewatkan Lezatnya! Cek Resepnya di Sini!
 

3. Batasi Makanan Manis


Makanan manis dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah, yang menyebabkan penurunan energi di kemudian hari. Sebaliknya, pilihlah gula alami yang terdapat dalam buah-buahan dan batasi makanan olahan dan bergula.

Ingat ya, bahwa puasa tidak boleh digunakan sebagai cara cepat untuk menurunkan berat badan, tetapi dengan hal ini kamu dapat meningkatkan kedisiplinan diri, daya nafsu, dan cerdas dalam memotivasi diri untuk memberikan efek baik bagi tubuh kamu.

Yuk, targetkan dirimu untuk memasuki bulan puasa dengan goals yang kamu inginkan!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.