Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan

Sumber Gambar : Pinterest

Sumber Gambar : Pinterest

Like
Bulan Ramadhan juga merupakan salah satu waktu terbaik umat muslim untuk menghapus dosa dan menambah pahala.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR.Bukhari dan Muslim).


Dengan demikian, umat Muslim dapat memanfaatkan bulan Ramadhan ini untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Ini Tips Mengisi Waktu Luang di Bulan Ramadhan!

Dikenal dengan bulan yang penuh ampunan, hendaknya kita menyambutnya dengan penuh makna. Salah satunya mengetahui keutamaan puasa Ramadhan demi memaksimalkan ibadah.
  • Mendapat Pengampunan Dosa
Orang yang berpuasa bisa mendapatkan pengampunan dosa. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni,".
  • Memiliki Waktu Mustajab (Terkabulnya Doa)
Saat berpuasa, perbanyaklah berdoa. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab (terkabulnya doa). Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi,".
  • Benteng Api Neraka
Puasa merupakan benteng bagi yang melakukannya. Menurut para ulama hadis, makna benteng dalam hadis ini adalah tabir yang berfungsi melindungi orang yang berpuasa dari api neraka.
  • Menjaga Hawa Nafsu
Sejatinya, puasa itu tidak hanya tidak makan dan minum yang menyebabkan puasa batal dari segi Ilmu Fiqh, namun pahala (ganjaran) berpuasa menjadi batal, rusak, sia-sia karena tidak bisa menahan hawa nafsu.

Baca Juga: Tips Menjaga Imun Tubuh di Tengah Pandemi saat Puasa!