Yuk, Intip Strategi Digital Marketing ala BLACKPINK!

Yuk, Intip Strategi Digital Marketing  ala BLACKPINK! (Sumber: YG Entertainment)

Yuk, Intip Strategi Digital Marketing ala BLACKPINK! (Sumber: YG Entertainment)

Like

Blackpink merupakan girl group asal Korea Selatan yang sudah mendunia dan sukses melakukan world tour concert di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Kesuksesannya didapat dari strategi digital marketing yang dilakukan oleh YG Entertainment.

Dalam waktu beberapa menit tiket konser Blackpink langsung ludes terjual dan meraup keuntungan hingga milyaran rupiah. Enggak cuma itu, berdasarkan data circlechart.kr album BORN PINK yang dirilis pada tanggal 16 September lalu berhasil terjual hingga 2,8 juta copy.

Ternyata, dari kesuksesan tersebut ada beberapa strategi marketing yang dilakukan oleh YG entertainment untuk membuat nama Blackpink dikenal di seluruh dunia.
 

Strategi Marketing ala Blackpink

Yuk, kita bahas!
 

1. Music Video Teaser

Blackpink selalu merilis teaser dengan konsep alur acak yang menarik sebelum official music video publish secara umum. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan informasi singkat dan meningkatkan nilai brand awareness terhadap penonton.
 

2. Dance Cover Contest

Saat launching album terbaru, Blackpink melakukan promosinya dengan cara mengajak para penggemar untuk mengikuti dance cover contest di Youtube.
Ternyata, challenge tersebut menimbulkan antusias yang cukup heboh bagi para penggemar Blackpink.
Dance cover contest tentu bikin awareness dan engagement Blackpink meningkat.

 

3. Collaboration

Walaupun sudah dikenal hingga mancanegara, Blackpink tetap melakukan kolaborasi dengan beberapa brand ataupun penyanyi internasional.
Kolaborasi dilakukan agar nama Blackpink semakin dikenal di segala kalangan.
 

Baca Juga: Fiilm Dokumenter Blackpink The Movie Raih Pendapatan Tertinggi di Korea Selatan


4. Limited Production

YG entertainment menggunakan taktik marketing kelangkaan (scarcity) untuk Blackpink.
Misalnya, Blackpink selalu merilis music video atau album dalam jangka waktu yang cukup lama dan tidak menentu. Strategi ini dilakukan agar para penggemar resah dan merasa kehilangan saat Blackpink tidak muncul di social media.
 

5. Behind The Scenes

Selain itu, Blackpink juga melakukan promosinya dengan menampilkan  video-video behind the scene yang diunggah di channel Youtube Blackpink. Mulai dari aktivitas keseharian setiap member Blackpink, hingga behind the scene pembuatan MV.


6. Documentary Film

Enggak cuma itu, Blackpink juga merilis film dokumenter yang ditayangkan di Netflix dengan judul ‘Blackpink: Light Up the Sky’ dan ‘Blackpink: The Movie’ di Disney+ Hotstar.

Film dokumenter tentunya bisa meningkatkan awareness tentang apa itu Blackpink, sehingga fans dan masyarakat luas bisa mengenal perjalanan karir sang artis.

Yuk, belajar lebih banyak tentang Digital Marketing di Bisnis Muda Academy

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.