Unik, 6 Tradisi Ramadan Ini Hanya Ada di Indonesia!

Tradisi ramadan Indonesia (Foto: Wikimedia)

Tradisi ramadan Indonesia (Foto: Wikimedia)

Like

Ramadan tiba ramadan tiba, tiba tiba ramadan~

Eits, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Vibes Ramadan memang sudah terasa banget ya Be-emers. Biasanya kalau menjelang Ramadan di Indonesia ada tradisi yang unik. Apa saja tuh?

Indonesia adalah negara yang mayoritasnya muslim. Indonesia juga terdiri atas banyak suku dan budaya. Enggak heran kalau tradisi di satu daerah dengan daerah lainnya berbeda.

Begitu juga dengan tradisi Ramadan, karena mayoritas penduduk Indonesia muslim maka banyak daerah yang memiliki tradisi Ramadan. Ada yang mirip ada yang sangat berbeda.

Tapi yang pasti tradisi ini sudah dilakukan selama berpuluh bahkan beratus tahun dan hanya ada di Indonesia pada saat Ramadan.
 

Tradisi Ramadan yang Hanya Ada di Indonesia



Bisnis.com telah merangkum tradisi Ramadan unik yang hanya ada di Indonesia.

Baca Juga: 10 Hal yang Hanya Ditemukan Saat Ramadan!
 

1. Tradisi Nyadran - Jawa Tengah


Tradisi ini pasti sudah tidak asing didengar masyarakat Indonesia. Di Jawa Tengah ada juga tradisi yang namanya Nyadran dan dilakukan menjelang Ramadan. 

Pada momen ini banyak masyarakat yang melakukan ziarah kubur, bersih desa atau makam, makan bersama, selamatan hingga sedekah bumi. Hingga kini masih banyak orang yang menjalankan tradisi Nyadran
 

2. Tradisi Nyorog - Betawi


Betawi juga punya tradisi yang dilakukan saat bulan Ramadan. Dalam tradisi ini biasanya orang yang lebih muda akan memberi bingkisan kepada yang lebih tua. 

Tujuan dari tradisi ini untuk menghormati yang lebih tua sembari menyambut bulan puasa. Bingkisan yang diberikan beragam jenisnya. Mulai dari sembako, makanan atau yang lainnya.
 

3. Tradisi Meugang - Aceh


Terkenal dengan sebutan Serambi Mekah, Aceh yang merupakan kota muslim juga memiliki tradisi Ramadan. Di tradisi ini, masyarakat Aceh akan memasak daging sehari sebelum puasa Ramadhan lalu dimakan bersama keluarga. 

Selain dengan keluarga, biasanya orang-orang juga mengundang makan masyarakat kurang mampu untuk menyantap daging bersama. 
 

4. Tradisi Padusan - Boyolali


Kabupaten Boyolali memiliki tradisi unik sendiri di bulan Ramadan. Warga Boyolali memiliki tradisi untuk mensucikan diri dengan mandi atau berendam dari sumber mata air yang dianggap keramat atau disebut Padusan. 

Baca Juga: 3 Rekomendasi Kafe yang Cocok Buat Bukber di Bandung!

Tempat Padusan ini beragam, bisa di laut, sumber mata air, atau lainnya. Salah satu tempat yang jadi langganan masyarakat Boyolali untuk tradisi Padusan adalah kompleks wisata Pemandian Umbul Pengging. 
 

5. Tradisi Pacu Jalur - Riau


Riau yang kental dengan budaya melayu memiliki tradisi Pacu Jalur. Tradisi Ramadan ini dilakukan dalam bentuk perlombaan mendayung perahu yang dibuat dari kayu pohon. 

Istilah pacu jalur sendiri datang dari kata jalur yang berarti perahu dalam bahasa penduduk setempat. Hingga kini tradisi Pacu Jalur masih dilakukan oleh masyarakat Riau.
 

6. Tradisi Magengan - Jawa Timur


Sama seperti provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur punya tradisinya sendiri. Di Jawa Timur tradisi ditandai dengan selamatan yang diadakan di masjid dan dihadiri oleh para warga di sekitarnya. 

Selamatan ini dinamakan Magengan. Dalam Magengan, seorang Ustadz akan memimpin doa untuk memohon keselamatan dan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa. 

Kalau di kota kamu ada tradisi apa nih Be-emers? Komen di bawah ya!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.