10 Hal yang Hanya Ditemukan Saat Ramadan!

Berbuka puasa, hal yang hanya ditemui saat ramadan (Foto: Canva)

Berbuka puasa, hal yang hanya ditemui saat ramadan (Foto: Canva)

Like

Bulan Ramadan memang sangat spesial dibandingkan bulan yang lainnya. Bagi umat Islam, pahala yang didapat berlipat ganda, sehingga umat Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah ini.

Selain itu, ada beberapa hal yang hanya ditemukan saat bulan Ramadan tiba. Simak yuk hal apa saja yang hanya ada di Bulan Ramadan ini.
 

Hal yang Hanya Ditemui Saat Ramadan


Hal-hal ini enggak akan kamu temui di bulan-bulan lainnya.
 

1. Sahur


Kegiatan makan dan minum yang dilakukan umat Islam sebelum imsak atau dini hari. Baik dilakukan bersama keluarga, sendiri ataupun sahur on the road, kegiatan sahur secara umum lebih banyak ditemukan di bulan Ramadan.
 

2. Berbuka Puasa


Istilah lain disebut iftar yaitu salah satu momen yang ditunggu seseorang yang menjalankan ibadah puasa. Kalau di Indonesia sendiri momen buka puasa di bulan Ramadan biasanya bersamaan dengan acara reuni bersama teman lama, seperti teman SD, SMP, SMA. 


Baca Juga: Body Goals di Bulan Ramadhan, Emang Bisa? Cek Tips Diet Plan!
 

3. Tarawih


Sholat sunah yang dilakukan khusus saat bulan Ramadan, biasanya dilakukan selepas isya di masjid seluruh Indonesia. Tidak ada sholat tarawih yang dilakukan selain bulan Ramadan loh.
 

4. Tadarrus


Ketika Ramadan tiba, seringkali mendengar bacaan ayat suci Al Quran di speaker masjid, baik siang maupun malam hari. Dalam bahasa Arab yang sudah diserap dalam bahasa Indonesia ini disebut tadarrus
 

5. Petasan


Salah satu yang menjadi hal identik meskipun tidak begitu baik adalah petasan. Bubuk peledak ini biasanya dijual oleh pedagang di pinggir jalan dan dimainkan anak-anak saat malam ataupun saat menjelang sahur untuk membangunkan orang.
 

6. Pasar Takjil


Adanya Ramadan memberikan berkah tersendiri pada penjual makanan di pasar takjil atau biasa juga disebut pasar kaget. Meskipun dalam satu wilayah jumlah pasar takjil ini banyak, tetapi hampir keseluruhan tetap ramai pembeli.

Pasar takjil juga menjual beraneka macam makanan dan minuman, jadi pembeli yang sepulang kerja pun tidak perlu repot-repot memasak lagi setibanya dirumah.
 

7. Ngabuburit


Berasal dari bahasa Sunda, ngabuburit yang berasal dari kata "burit" yang artinya sore. Dari tahun ke tahun istilah ini selalu muncul saat bulan Ramadhan tiba. Banyak yang mengartikan ngabuburit ini adalah menghabiskan waktu luang menjelang waktu berbuka puasa.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Berbuka Puasa Bersama Keluarga Ala Arabian
 

8. Kenaikan Harga Bahan Pokok


Kalau ini memang menjadi hal yang cukup lumrah tiap tahun, di bulan Ramadan konsumsi orang makin meningkat sehingga harga bahan pokok pun mengalami kenaikan, seperti bawang, beras, gula dan lain sebagainya.
 

9. THR (Tunjangan Hari Raya)


Biasanya ini adalah momen yang paling ditunggu pekerja, karena bonus THR dibagikan diluar gaji pokok yang diterima. Senang banget kan pastinya, hal ini sebagian besar hanya terjadi pada saat Ramadhan.
 

10. Parcel


Kardus Selamat Hari Raya pun menjadi pemandangan yang lumrah saat Ramadhan tiba, meskipun parcel untuk lebaran, biasanya sudah dibagikan saat puasa

Bagaimana Be-mers, ada hal yang bisa kamu tambahkan tidak? Komen di bawah ya!
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.