Guys, Hindari Makanan Ini Kalau Enggak Mau Jerawatan!

Makanan penyebab jerawat (Ilustrasi: Canva)

Makanan penyebab jerawat (Ilustrasi: Canva)

Like

Be-emers setuju enggak kalau jerawat jadi salah satu masalah wajah yang paling memusingkan? Sayangnya, jerawat ini gampang tumbuh di wajah orang Indonesia dengan iklim tropis. Selain perawatan, hindari makanan ini untuk menghindari jerawat!

Ada banyak penyebab jerawat, bisa karena hormon, gaya hidup, kurangnya kebersihan, bahkan makanan yang dikonsumsi. Nah, mengenali makanan apa yang memberikan reaksi jerawat pada tubuh kita memang enggak mudah.

Tapi, peneliti pernah melakukan penelitian sampai menemukan makanan-makanan apa saja sih yang kira-kira memicu timbulnya jerawat pada orang-orang.
 

Makanan Penyebab Jerawat


Mengutip dari Skinkraft, konsumsi berlebihan pada makanan ini bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah.
 

1. Gula


Ternyata konsumsi gula berlebihan bisa memicu jerawat pada wajah lho, Be-emers. Konsumsi gula, terutama gula putih olahan, akan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah yang dapat meningkatkan kadar gula. 


Peningkatan kadar hormon insulin juga dapat mendorong kelebihan gula ke dalam sel yang akhirnya menyebabkan jerawat.
 

2. Produk Dairy


Dairy yang dimaksud di sini adalah produk olahan susu. Sebuah penelitian yang dilakukan pada remaja menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi susu rendah lemak dan susu skim akan menyebabkan peningkatan jerawat.
 

3. Cokelat


Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 100 persen kakao tanpa pemanis menyebabkan peningkatan jerawat yang signifikan. 

Penelitian ini menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat yang mengandung susu, produk olahan susu, dan gula menjadikan sistem kekebalan tubuh bereaksi dengan kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.
 

4. Makanan Berminyak


Kalau ini sudah jadi rahasia umum ya, Be-emers. Kelebihan minyak yang dikonsumsi oleh tubuh selain berdampak buruk pada kesehatan tubuh juga berdampak pada kesehatan wajah karena akan memicu bakteri penyebab jerawat.
 

5. Bubuk Protein Whey


Whey protein kaya akan protein dan asam amino seperti leusin dan glutamin. Bubuk yang biasanya dikonsumsi oleh atlet dan binaragawan pria ini membuat sel kulit tumbuh dan berkembang biak lebih cepat. 

Bubuk tersebut juga dapat meningkatkan kadar insulin yang juga dapat menjadi penyebab jerawat.
 

6. Makanan Kaya Lemak Omega-6


Makanan yang mengandung lemak Omega-6 yang bersifat inflamasi seperti cornflake, minyak kedelai, dan lain-lain diketahui dapat meningkatkan risiko jerawat.

Buat Be-emers yang kulitnya acne prone sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi bahan-bahan yang tinggi lemak omega-6 karena akan memperparah timbulnya jerawat.
 

7. Biji-Bijian Olahan


Makanan seperti roti, pasta, sereal, dan bihun memiliki indeks glikemik yang tinggi dan meningkatkan kadar gula darah. 

Insulin membuat hormon androgen lebih aktif yang membuat pertumbuhan sel lebih cepat dan produksi sebum yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Selain menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk-produk tertentu, kita juga harus mengenali apa saja trigger yang membuat wajah kita berjerawat dari makanan.

Semangat pejuang acne!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.