Kisah Pendiri Vanguard, John C. Bogle yang Juga Advokat Investor

John C. Bogle (Sumber Gambar: MarketWatch)

John C. Bogle (Sumber Gambar: MarketWatch)

Like

John C. Bogle adalah salah satu tokoh terpenting dalam dunia investasi dan keuangan. Ia dikenal sebagai pendiri perusahaan investasi terbesar di dunia, Vanguard Group, serta sebagai pelopor dalam industri dana indeks. Mari kita bahas lebih detail tentang profil dan karirnya!


Karir Bogle


John Clifton Bogle lahir pada 8 Mei 1929 di Montclair, New Jersey, AS. Setelah lulus dari Princeton University pada 1951 dengan gelar Sarjana Ilmu Ekonomi, ia bergabung dengan perusahaan investasi Wellington Management Company di Philadelphia.

Selama 20 tahun berkarir di Wellington, Bogle memimpin divisi reksa dana perusahaan tersebut dan berhasil mengembangkan strategi investasi yang revolusioner.

Pada tahun 1974, Bogle dipecat dari Wellington Management Company karena perbedaan pandangan dengan dewan direksi. Namun, hal ini tidak menghentikannya untuk terus berinovasi dan memulai perusahaan barunya, Vanguard Group, pada tahun 1975.

Baca Juga: Pelajaran Penting dari Ray Dalio Agar Investor Tetap Cuan!


Vanguard Group



Vanguard Group awalnya merupakan divisi dari Wellington Management Company yang mengelola reksa dana, tetapi Bogle memutuskan untuk memisahkan Vanguard dari Wellington dan membuatnya menjadi perusahaan independen.

Bogle pertama kali memperkenalkan konsep dana indeks pada tahun 1976 ketika ia merilis Vanguard 500 Index Fund.

Dalam dana indeks, saham dalam indeks tertentu dipegang dalam proporsi yang sama seperti dalam indeks itu sendiri, yang memungkinkan untuk menghasilkan pengembalian yang hampir sama dengan kinerja indeks. 

Bogle percaya bahwa pasar saham adalah pasar yang efisien dan sulit untuk mengalahkan kinerja indeks. Oleh karena itu, ia memperkenalkan dana indeks untuk membantu investor memperoleh pengembalian yang konsisten dan menurunkan biaya.

Selama bertahun-tahun, Bogle terus mempromosikan konsep dana indeks dan kebijakan investasi yang berkelanjutan dan berfokus pada investor.

Ia sering menjadi kritikus industri dana, mengatakan bahwa banyak manajer investasi yang memperoleh komisi yang terlalu besar dan tidak memberikan nilai tambah yang cukup bagi investor.


Sosok Bogle


Bogle dikenal sebagai advokat investor yang gigih dan bahkan menggugat dana investasi sendiri ketika ia merasa bahwa biaya yang dikenakan pada dana tersebut terlalu tinggi.

Baca Juga: Kisah Lo Kheng Hong Jual Villa Mewah Buat Beli Saham BUMN

Pada tahun 1999, majalah Time menobatkannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Pada tahun yang sama, Bogle mengumumkan bahwa ia akan pensiun sebagai CEO Vanguard Group.

Namun, ia tetap aktif dalam industri investasi dan menjadi penulis terkenal dengan buku-buku seperti "Common Sense on Mutual Funds" dan "The Little Book of Common Sense Investing".

Selain kariernya di dunia investasi, Bogle juga dikenal sebagai seorang filantropis. Ia telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk pendidikan dan amal, termasuk untuk Princeton University, alma mater-nya.

Sayangnya, John C. Bogle meninggal pada 16 Januari 2019 di Bryn Mawr, Pennsylvania, AS pada usia 89 tahun. Walaupun ia telah tiada, warisannya di industri investasi terus terasa hingga saat ini.

Perusahaan Vanguard yang didirikannya masih menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di dunia dan dana indeks yang ia perkenalkan telah menjadi strategi investasi yang populer di seluruh dunia.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.