Blunder di Medsos, Bikin Bisnis Gagal! Kok Bisa?

Blunder di Medsos, Bikin Bisnis Gagal! Kok Bisa? (Sumber: Canva)

Blunder di Medsos, Bikin Bisnis Gagal! Kok Bisa? (Sumber: Canva)

Like


Ternyata, blunder dalam penggunaan social media bisa memberikan dampak negatif terhadap reputasi suatu bisnis. Hal ini juga dapat berpengaruh pada tingkat pertumbuhan atau kegagalan dalam bisnis. Bukan cuma itu, kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan bisa hilang.

Sebagai pengguna social media yang bijak, kamu harus memastikan bahwa konten yang dibagikan sesuai dengan nilai, kaidah, dan brand image bisnis yang kamu miliki!

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa faktor yang HARUS dihindari, agar tidak merusak bisnis:
 

1. Posting Hal Konten Tidak Akurat

Posting informasi yang salah dan kurang akurat tentang suatu produk atau layanan bisa merusak pertumbuhan social media. Tidak hanya itu, menyebarkan informasi sensitif dan kurang etis juga bisa merusak reputasi bisnis. Kesalahan tersebut bisa merusak kepercayaan konsumen, lho!
 

2. Melakukan Newsjacking

Newsjacking adalah salah satu trik yang sering digunakan dalam pembuatan konten di social media. Dengan cara memanfaatkan peristiwa yang sedang tren, tapi tidak melihat peristiwa mana yang baik dan buruk. Jika kamu salah mengambil tren topik berita, maka bisa berdampak buruk pada bisnismu. Hal ini bisa menimbulkan citra yang buruk di mata masyarakat. 

Baca Juga : Kenali 4 Kepribadian Pengguna Social Media

 

3. Menggunakan Bot

Penggunaan bot spam, dapat merusak dan merugikan social media bisnismu.
Biasanya, bot ini selalu memberikan respon yang kurang pantas dan memberikan jawaban yang tidak relevan. Penggunaan bot mungkin bisa membantu kamu dalam membalas pesan atau komentar.
Namun, pastikan dan pantau terus jika social media menggunakan fitur bot.
 

4. Memanfaatkan Tren yang Salah

Setiap harinya tren selalu berubah dan bertambah.
Terlibat tren yang kontroversi dan tidak ada kaitannya dengan bisnis dapat merusak citra bisnismu.
Perlu diingat bahwa social media memang gudangnya segala jenis informasi, baik berita baik ataupun buruk. Untuk itu jangan sampai kamu salah dalam mengambil informasi yang beredar ya!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda?
Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.