Review iPad Air 5: Spesifikasi hingga Keunggulan dan Kekurangannya

iPad Air 5 - Image: Rachma Amalia

iPad Air 5 - Image: Rachma Amalia

Like

Masuk generasi kelima, iPad Air tipe ini digadang-gadang setara dengan MacBook M1. Seperti apa spesifikasi hingga keunggulan dan kekurangan iPad Air 5?

Di tahun 2022, iPad Air generasi kelima resmi diluncurkan oleh Apple. Penantiannya sudah ditunggu oleh “Apple Fanboy” selama kurang lebih dua tahun setelah iPad Air 4 diluncurkan tahun 2020.

Bisa dibilang, penantian dua tahun lamanya itu cukup memuaskan, terutama dari spesifikasi yang dihadirkan. Sebab, jika dilihat hanya dari segi tampilan, iPad Air 5 dan 4 sebenarnya masih nampak identik.

Meski diluncurkan pada 2022, penggunaan iPad Air di tahun 2023 masih sangat worth it to buy sebagai middle-range device milik Apple karena sejauh ini, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu belum meluncurkan generasi terbaru dari tipe iPad Air.

 

iPad Air 5 Tersedia dalam 5 Warna - Image: iBox.co.id

iPad Air 5 Tersedia dalam 5 Warna - Image: iBox.co.id

 

Spesifikasi iPad Air 5 yang Mengejutkan

Perlu waktu dua tahun untuk membuat Apple akhirnya memutuskan menaruh M1 chip di iPad Air 5. Hal ini jelas mengejutkan.


Pasalnya, Apple hanya memberikan A14 Bionic sebagai chipset iPad Air 4, dimana setara dengan iPhone 12 yang juga dirilis di tahun 2020.

Padahal, bisa saja Apple sudah memberikan M1 chip pada iPad Air 4 saat itu. Sebab, di tahun 2020, MacBook Air dan MacBook Pro sudah dilengkapi M1 chip.

 

iPad Air 5 Dilengkapi M1 Chip - Image: iBox.co.id

iPad Air 5 Dilengkapi M1 Chip - Image: iBox.co.id


Hadirnya M1 chip di iPad Air 5 membuatnya memiliki spesifikasi dua kali lebih canggih dan lebih cepat dibanding generasi keempatnya. Ingat, Apple punya A15 Bionic chip di iPad Mini 6 serta iPhone 13 dan iPhone 14.

Dibanding A15 Bionic, Apple justru langsung memberikan M1 sebagai chipset dari iPad Air 5. Hal ini jelas membuat iPad Air 5 menjadi terlihat setara dengan MacBook Air, MacBook Pro, dan iPad Pro 5 dengan chipset M1.

Bukan hanya dari segi performa chipset, kapasitas RAM iPad Air 5 pun meningkat dua kali lipat dari generasi sebelumnya. Diketahui, RAM iPad Air 4 hanya sebesar 4GB, sedangkan iPad Air 5 dibekali RAM 8GB.

Selain performa dari segi kecepatan, M1 sudah terbukti lebih hemat daya. Kini, iPad Air pun bisa bersaing dengan Samsung Galaxy Tab S8, yang disebut-sebut punya perbedaan daya tahan baterai kurang lebih tiga jam lebih hemat.

Dengan chipset M1 dan baterai yang hemat, penggunaan iPad Air 5 sangat efisien bagi setiap orang yang membutuhkan gadget yang fleksibel dan mendukung produktivitas pekerjaan.

Sebagai iPad Air generasi terbaru hingga tahun 2023, tablet ini juga punya kelebihan dan kekurangan, lho! Yuk, cek di halaman selanjutnya.

Baca Juga: Ingin Beli iPad? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini