Review iPad Air 5: Spesifikasi hingga Keunggulan dan Kekurangannya

Like

Keunggulan dan Kekurangan iPad Air 5

Tidak ada gadget yang sempurna. Apalagi, Apple punya berbagai tipe iPad, yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan hingga budget calon pembelinya.

Lalu, apa saja keunggulan dan kekurangan iPad Air 5?

1. Keunggulan iPad Air 5

Dimulai dari desainnya terlebih dahulu, meski tak berbeda dari pendahulunya, corak elegan dan minimalis dengan bodi aluminium jadi keunggulan iPad Air 5.

Dengan berat kurang lebih 461 gram, iPad Air 5 ukuran masih cukup nyaman untuk dibawa kemanapun. Mengutip ulasan Max Parker dari Trusted Reviews, iPad Air 5 mudah untuk disimpan di dalam tas dan terasa ringan.

 

Berat iPad Air 5 Kurang dari 500gr - Image: Rachma Amalia

Berat iPad Air 5 Kurang dari 500gr - Image: Rachma Amalia


Bahkan, Parker juga mengatakan bahwa ukuran iPad Air generasi 5 ideal untuk dibawa bepergian. Tentunya, hal ini akan membantu kamu yang punya mobilitas tinggi untuk tetap bisa produktif.

Tingkat kecerahan iPad Air 5 juga diklaim Apple mencapai 500 nit. Tentunya, lebih baik dari iPad Air generasi 4, yang kecerahannya hanya sampai 440 nit.


Adapun, rentang warna pada iPad Air 5 mencapai standar DCI-P3. Jadi, untuk kamu yang ingin membuat ilustrasi digital atau sekedar streaming film, iPad Air 5 ini akan memberikan pengalaman yang memuaskan karena warna layarnya pekat dan tajam.

Belum lagi, iPad Air 5 ini dilengkapi dua speaker di bagian atas dan dua speaker di bagian bawah (dalam posisi landscape). Tentunya, empat speaker tersebut menghasilkan suara super jernih saat kamu menonton atau mendengarkan musik di iPad Air 5.

 

Speaker iPad Air 5 - Image: Rachma Amalia

Speaker iPad Air 5 - Image: Rachma Amalia


Di satu sisi, meski resolusi kameranya masih sama dengan generasi sebelumnya yakni 12MP, iPad Air 5 punya keunggulan tersendiri. Kini, kamera iPad Air 5 dilengkapi Center Stage yang didukung fitur ultra wide di kamera depan.

Untuk kamu yang menggunakan iPad sebagai perangkat pendukung kerja selain MacBook, iPad Air 5 sudah cukup berguna.

Pasalnya, iPad Air 5 punya fitur Universal Control, yang memungkinkan penggunanya bisa mengendalikan iPad dan Macbook sekaligus dengan mouse dan keyboard bersama.

Menariknya, di antara deretan middle-range, harga iPad Air 5 dirasa masih cukup terjangkau jika dibandingkan dengan iPad Pro 5, yang punya chipset setara.
 

2. Kekurangan iPad Air 5

Bicara soal kamera, di sisi lain, kamera depan iPad Air 5 rupanya punya masalahnya tersendiri. Meski sudah didukung Center Stage dan ultra wide, posisi kamera depannya justru terletak dalam posisi potrait iPad.

Jadi, jika iPad digunakan dalam posisi landscape, kamera iPad Air 5 jadi sedikit sulit menangkap sisi tengah wajah atau objeknya. Dalam hal ini, iPad Air 5 justru kalah dari iPad generasi 10, yang mana letak kamera justru berada dalam posisi landscape iPad.

Belum lagi, ternyata setelah digunakan, baru terasa sekali bahwa refresh rate iPad Air 5 kurang memuaskan. Hal itu bisa terbukti saat layar yang digulir ternyata tidak semulus yang dibayangkan.

Ternyata, diketahui refresh rate iPad Air 5 yakni sebesar 60Hz. Cukup jauh, dibandingkan dengan iPad Pro yang punya refresh rate hingga 120 Hz.

Namun, dilihat dari kelas dan harga, tentu saja iPad Pro memang wajar jika lebih unggul dari iPad Air. Alhasil, iPad Air 5 belum bisa mendukung game dengan frame rate di atas 60fps.

Meski begitu, iPad Air 5 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin memiliki tablet dengan chipset yang setara MacBook 2020 dan nyaman dibawa bepergian.

Artikel ini juga tayang di Bisnis Tekno.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Penulis: Rachma Amalia