Berlatar Budaya, 5 Film Ini Refleksikan Cara Hadapi Konflik Keluarga

Like

2. Love for Sale 2 (2019): Restu Bundo untuk Bujang Lapuak

Rosmaida (Ratna Riantiarno) tak henti-hentinya menanyakan kepada sang anak tengah, “kapan nikah?”

Sudah menginjak angka 33 tahun, Indra Tauhid (Adipati Dolken) alias Ican terus dibayangi pertanyaan ibu tercintanya itu. Kedua saudara laki-lakinya sudah menikah dan hanya ia sendiri yang masih berstatus bujang lapuak alias jomblo akut.

“Nyari yang pas buat Ican, itu susah. Nyari yang pas buat mama, itu hampir mustahil,” gumam Ican.
 


Sebagai pekerja kantoran, sulit bagi Ican menemukan tambatan hati, apalagi ada restu dari sang ibu yang sulit ditaklukan. Aplikasi kencan “Love Inc.” pun jadi pilihan Ican untuk mendapatkan calon menantu palsu, yakni Arini Chaniago (Della Dartyan).

Kehadiran Arini, rupanya memberi warna baru di keluarga Sikumbang. Kehangatan Arini pun meluluhkan hati Rosmaida yang langsung memberikan restunya.


Bahkan, sebagai orang Minang yang taat ajaran Islam, ibunda Ican itu pun menyuruh sang anak untuk segera menikahi Arini. Sebab, di keluarganya, ketimbang berlama-lama pacaran dan berzina, lebih baik menikah, meski harus menikah siri.

Ican dilema. Hatinya yang juga perlahan mulai mencintai Arini harus terbentur dengan kenyataan bahwa kasih sayang yang diberikan Arini hanya profesionalitas semata.

 

Love for Sale 2 yang Dibalut Budaya Minang - Image: IMBd

Love for Sale 2 yang Dibalut Budaya Minang - Image: IMBd



Sutradara: Andibachtiar Yusuf
Produksi: Visinema Pictures
Dapat ditonton di: Netflix


 

3. Cek Toko Sebelah (2016): Cuan dan Nasib Penerus Bisnis Koh Afuk

Masuk usia senja, Koh Afuk (Chew Kin Wah) memutuskan untuk pensiun sebagai pebisnis. Duda dengan dua anak laki-laki ini berniat untuk mewarisi bisnis toko sembakonya kepada sang anak bungsu, Erwin (Ernest Prakasa).

Namun, Erwin menolak permintaan ayahnya. Karir Erwin tengah meroket dan dipromosikan untuk bekerja di Singapura.

 

Budaya Bisnis Keluarga Tionghoa di Film Cek Toko Sebelah - Image: Wikimedia

Budaya Bisnis Keluarga Tionghoa di Film Cek Toko Sebelah - Image: Wikimedia


Kekasih Erwin, Natahali (Gisella Anastasia), pun tidak setuju akan hal itu. Di satu sisi, Koh Yohan (Dion Wiyoko) merasa iri pada sang adik karena sebagai anak pertama, dirinya justru diwarisi bisnis tersebut.

Bagi Koh Afuk yang merupakan pria keturunan Tionghoa, bisnis yang ia bangun dari nol harus diwarisi agar tetap cuan dan sejahtera. Belum lagi, ia tidak siap jika pegawainya harus kehilangan pekerjaan jika bisnisnya berhenti begitu saja.

Erwin yang pintar, dianggap Koh Afuk cocok menerusi bisnisnya. Sementara Yohan yang merupakan mantan narapidana, justru kurang diberikan kepercayaan untuk menjalani bisnis.

Hal itu jelas membuat hati Yohan kecewa. Beruntung, di keluarga kecilnya, Yohan memiliki Ayu (Adinia Wirasti) yang terus menguatkan hatinya agar tak membenci sang ayah.
 


Di tengah kebimbangan, keluarga Koh Afuk yang lekat dengan budaya Tionghoa, harus saling menomorduakan egonya agar tetap menjadi keluarga yang kembali saling mencintai.

Sutradara: Ernest Prakasa
Produksi: Starvision Plus
Dapat ditonton di: Netflix


 

4. Losmen Bu Broto (2021): Prahara Keluarga dalam Kehangatan Yogyakarta

Kehangatan Yogyakarta serta keramahan Bu Broto (Maudy Koesnaedi) dan Pak Broto (Mathias Muchus), membuat Losmen Srikandi sering dikunjungi wisatawan. Tak segan, suami istri tersebut dekat dengan para tamu losmennya.

Pasangan tersebut tidak sendirian. Bisnis losmen keluarga ini juga bisa sukses berkat bantuan Mbak Pur (Putri Marino) yang bertugas untuk bertanggung jawab di lini dapur losmen. 

Bu Broto dan Pak Broto juga dibantu oleh dua anaknya, yakni Jeng Sri (Maudy Ayunda) dan Tarjo (Baskara Mahendra).

 

Kehangatan Khas Yogyakarta di Keluarga Bu Broto - Image: IMBd

Kehangatan Khas Yogyakarta di Keluarga Bu Broto - Image: IMBd


Namun, konflik keluarga Broto mulai muncul, memudarkan Bu Broto yang hangat dan ramah. Permasalahan itu pun berasal dari ketiga anaknya.

Kematian sang calon suami, rupanya membawa luka terdalam bagi Mbak Pur. Hal itu membuat Mbak Pur menjadi orang yang ketus dan mudah bersedih.

Sementara itu, Jeng Sri harus berkonflik dengan keluarganya lantaran Bu Broto yang tak setuju dirinya menjadi penyanyi. Sri pun kerap dilema karena harus hidup di “dua alam”, antara mengejar apa yang ia sukai atau berbakti pada orang tuanya dengan mengurus losmen.

Lalu, bagaimana dengan Tarjo? Anak bungsu di keluarga Broto ini bermasalah dengan motivasinya di dunia pendidikan.
 


Konflik yang terjadi tentu menjadi ujian bagi Pak Broto dan Bu Broto sebagai orang tua. Apalagi, Pak Broto sedang dalam masa ingin pensiun dan Bu Broto yang harus memimpin losmen sendirian, semakin membuat keluarga ini harus bisa menyelesaikan permasalahan bersama-sama.

Sutradara: Ifa Isfansyah & Eddie Cahyono
Produksi:Ideosource Entertainment, Paragon Pictures, Fourclours Films, Ideoworks
Bisa ditonton di: Disney+ Hotstar



Baca Juga: Rekomendasi Film Bisnis untuk Temani Weekend Kamu!
 

5. Athirah (2016): Ketegaran Ibu Rumah Tangga Hadapi Lazimnya Budaya Poligami

Saat menikah dengan Puang Haji Kalla alias Puang Ajji (Arman Dewarti), tak ada sebesit pun dalam pikiran Athirah (Cut Mini) hal-hal buruk akan terjadi di keluarga kecilnya. Pasangan asli Bugis tersebut pun menjalani kehidupan pernikahan harmonis.

Namun, semua itu berubah ketika mereka pindah dari Bone ke Makassar. Selain karena urusan bisnis yang sudah mulai sukses besar, ujian keluarga Athirah dimulai kala sang suami mulai “main api” dengan wanita lain.

 

Athirah yang Tegar Hadapi Budaya Bugis yang Mewajarkan Poligami - Image: Festival Film Indonesia

Athirah yang Tegar Hadapi Budaya Bugis yang Mewajarkan Poligami - Image: Festival Film Indonesia


Tak cukup sampai di situ. Tanpa sepengetahuan Athirah, belahan jiwanya itu justru menikahi wanita idaman lain.

Sayangnya, ibu dari lima orang anak itu tak bisa berbuat apa-apa. Lazimnya budaya poligami di era 1950-an bagi masyarakat Sulawesi Selatan, membuat Athirah hanya bisa pasrah.

Konflik rumah tangga di keluarga kecil Athirah rupanya juga mempengaruhi kehidupan anaknya, yakni Jusuf Kalla alias Ucu (Christoffer Nelwan). Sang ayah yang punya rumor buruk di masyarakat membuat Ucu sempat menghadapi kesulitan saat mendekati pujaan hatinya, Mufida (Indah Permata Sari).
 


Bahkan, sang anak Sulung sempat mendesak sang ibu untuk tegas meninggalkan suaminya itu. Bukan semata-mata terhindar dari rumor buruk, Ucu juga ingin melihat ibu dan adik-adiknya bahagia.

Sutradara: Riri Riza
Produksi: Miles Films
Dapat ditonton di:Netflix




Dapatkan info terkini terkait gaya hidup hanya di Bisnis Style.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Penulis artikel: Rachma Amalia