Ganti Dirut Bikin Saham GOTO Meroket?

Patrick Walujo bersiap menjadi CEO baru GOTO (Sumber Gambar: GoTo)

Patrick Walujo bersiap menjadi CEO baru GOTO (Sumber Gambar: GoTo)

Like

Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) telah melakukan perubahan dalam susunan dewan komisaris dan direksi. Perusahaan memilih Patrick Sugito Walujo sebagai CEO yang menggantikan Andre Soelistyo.

Patrick akan didampingi oleh Thomas Husted sebagai Wakil Presiden Direktur sekaligus COO GOTO. Sebelumnya, Husted menjabat sebagai CFO Gojek.

Keputusan mengenai perombakan ini akan diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dijadwalkan pada tanggal 30 Juni 2023.

Sebagai informasi, Patrick Sugito Walujo sebelumnya adalah anggota dewan komisaris GOTO. Ia juga pernah menjadi salah satu pendiri dan mitra pengelola Northstar Group yang didirikannya pada tahun 2003.

Baca Juga: Saham GOTO Naik 35 Persen, Ternyata Ini Penyebabnya!


Saat ini, Northstar Group merupakan salah satu perusahaan investasi terkemuka di Indonesia dengan berbagai investasi di perusahaan keuangan.

Patrick, yang juga menantu dari salah satu orang terkaya di Indonesia, Theodore Permadi Rachmat (TP Rachmat), memulai karirnya sebagai analis di Goldman Sachs. Selanjutnya, ia dipercaya sebagai Senior Vice President (SVP) di Pacific Century Ventures Ltd di Tokyo.

Salah satu keberhasilan Patrick adalah transformasi yang dilakukannya di PT Bank BTPN Tbk (BTPN). Bersama dengan bankir senior Jerry Ng, keduanya berhasil membawa perubahan besar di BTPN.

Kerjasama antara Patrick dan Jerry Ng kemudian berlanjut di PT Bank Jago Tbk (ARTO). Setelah diakuisisi dan melalui dua putaran aksi korporasi dalam bentuk right issue, ARTO kini menjadi salah satu bank digital yang terkemuka di Indonesia.

Patrick juga tercatat sebagai pemegang saham Bank Jago melalui perusahaan Wealth Track Technology (WTT). Menurut data KSEI, WTT saat ini memiliki 11,69% saham ARTO, sementara 21,4% sisanya dimiliki oleh PT Dompet Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal sebagai GoPay.

Rekam jejak Patrick sebagai investment banker juga terlihat dari keterlibatannya di berbagai perusahaan besar, termasuk di sektor pertambangan, telekomunikasi, logistik, fintech, bank, pembiayaan, dan startup.

Baca Juga: Ini Cara Sukses Investasi Saham di Tengah Pasar yang Fluktuatif!

Nama Patrick juga dikenal sebagai salah satu investor awal perusahaan yang didirikan oleh Nadiem Makarim, yaitu Gojek. Ia juga terlibat dalam perjalanan Gojek hingga penggabungan dengan Tokopedia menjadi GOTO.

Selain menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris di GOTO, Patrick juga menjabat sebagai Komisaris di emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) sejak tahun 2021 hingga sekarang.

Pendidikan Patrick mencakup masa di Kolese Kanisius dari tahun 1987 hingga 1993, dan ia memperoleh gelar Bachelor's Degree (sarjana) dalam bidang Operations Research & Industrial Engineering.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.