5 Sifat dan Karakter yang Harus Dimiliki Customer Service!

Ilustrasi sebagai customer service (Sumber gambar : pixbay)

Ilustrasi sebagai customer service (Sumber gambar : pixbay)

Like

Profesi sebagai front office memang tampak mudah dilakukan oleh siapapun, namun ada beberapa hal yang perlu dicermati agar memiliki perfoma yang baik. Khususnya customer service yang berhadapan dengan customer setiap hari, ada beberapa sifat yang perlu dimiliki.

Tugas customer service biasanya melayani tamu, mengatasi masalah dan melakukan closing terhadap penjualan suatu produk atau jasa.

Sebagai customer service, tentu saja harus mengesampingkan permasalahan pribadi saat bekerja, karena mood berpengaruh terhadap profesionalitas pekerjaannya.


Sifat Dasar Seorang Customer Service


Nah, berikut ada 5 sifat dasar yang harus dimiliki seorang customer service berdasarkan pengalaman pribadi penulis yah, Be-emers.


1. Ramah


Sosok yang ramah menjadi modal awal seorang customer service. Ramah biasanya ditunjukan melalui sebuah bentuk senyuman. Senyum  yang tulus datang dari hati yang tulus melayani.


Meskipun dalam keadaan suasana hati yang kurang baik, seorang customer service tetap harus pandai menyembunyikan perasaannya di depan customer.

Baca Juga: Mengenal Istilah KYC Alias Know Your Customer


2. Peka


Pekerjaan yang dihadapkan langsung dengan orang lain memerlukan kepekaan perasaan yang cukup tinggi. Mengerti bagaimana suasana hati seseorang agar bisa memberikan solusi yang benar terhadap permasalahan yang ada.

Selain itu, memahami respon lawan bicara terhadap setiap permasalahan menjadikan seorang customer service dapat memberikan solusi yang tepat.


3. Komunikatif


Berkomunikasi artinya pembicaraan dua arah. Lebih banya mendengarkan atau lebih banyak bicara harus seimbang dan disesuaikan dengan lawan bicara.

Seorang customer service tidak boleh cenderung hanya pasif hanya mendengarkan saja atau aktif berbicara secara terus menerus, tetapi harus pintar mendengarkan apa yang disampaikan customer, merespon dengan pilihan kata yang baik serta tidak bersifat menggurui, lebih tepatnya sharing.


4. Solutif


Ah, ini bukan bu Tejo dalam film "Tilik" yah, tapi memang harus dimiliki seorang customer service walaupun seperti yang diketahui segala solusi yang diberikan seorang customer service berkaitan dengan kebijakan perusahaannya.

Akan tetapi, tetap tidak menutup kemungkinan, sebelum pengajuan permasalahan ke PIC yang berwenang, seorang customer service sudah mengetahui duduk permasalahan customer dengan sedetail-detailnya sehingga bisa didapatkan solusi terbaik untuk kedua belah pihak.

Baca Juga: Jangan Disia-siakan, Begini Kiat Layani Customer yang Potensial


5. Pandai Bernegoisasi


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, memberikan solusi memang bukan 100 persen kewenangan customer service. Ada beberapa perusahaan yang memang membutuhkan PIC yang setingkat diatas customer service dan ada pula yang bisa langsung diambil keputusannya oleh customer service.

Sehingga ketika ketika ditemui permasalahan di lapangan, customer service sebagai ujung tombak untuk menyimpulkan permasalahannya. Oleh sebab itu, betapa pentingnya kepandaian negoisasi untuk dimiliki seorang customer service.

Demikian 5 karakter yang seharusnya dimiliki oleh customer service, bagaimana menurut Be-emers? ada yang punya pengalaman sebagai customer service juga?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.