Berapa Jumlah Utang AS? Kalau Ditumpuk Bisa Sampai ke Bulan!

Berapa jumlah utang AS? (Instagram Bisnis Muda)

Berapa jumlah utang AS? (Instagram Bisnis Muda)

Like

Pemberitaan mengenai AS terus bergulir, bahkan banyak yang memberitakan AS terancam bangkrut karena utang yang menumpuk. Tapi, AS enggak jadi bangkrut kok Be-emers. Sebenarnya berapa sih jumlah utang AS sehingga begitu membebani keuangan negaranya?

Institute of International Finance (IIF) mencatat bahwa Amerika Serikat masuk dalam daftar 5 negara dengan utang paling banyak di dunia. Bahkan menjadi negara yang memiliki utang nasional tertinggi di dunia.

Utang Amerika Serikat cukup mengkhawatirkan bagi banyak pihak. Banyaknya utang Amerika Serikat bisa merugikan banyak pihak jika terjadi gagal bayar atau default.

Pagu utang Amerika Serikat (AS) telah disepakati menjadi US$31,4 triliun. Nilai utang AS ini menjadi rekor karena melewati nilai Produk Domestik Bruto (PDB) negara Paman Sam sebesar US$23,3 triliun pada 2021. 

Nilai yang luar biasa ya Be-emers, PDB AS aja sebesar US$23,3 triliun. Berarti utang AS ini lebih US$8,1 triliun dari PDB. Nah, sekarang yuk kita main analogi untuk tahu seberapa besar sih utang AS ini.


Baca Juga: Seperti Drakor, Amerika Enggak Jadi Bangkrut! Tapi...


Utang AS per Warga


Dengan total utang sebesar US$31,4 triliun dan total penduduk sebanyak 332 juta orang, setiap warga AS harus membayar US$94.000 atau Rp1,40 miliar agar utang tersebut lunas.

Artinya setiap 1 orang warga AS baik yang sudah tua maupun yang baru lahir jika dikenakan utang bisa sebesar Rp1,40 miliar. Padahal AS merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia.


Utang AS Mampu Borong Seluruh Emas di Dunia


Harga emas pada Mei 2023 sekitar US$1.800 per troy ons. 1 ton emas sama dengan 32.150,7 troy ons. Dengan US$31,4 triliun maka AS mampu memborong sebanyak 542.595 ton emas.

Sepanjang sejarah umat manusia, jumlah emas yang ditambang diperkirakan mencapai 197.576 ton. Utang AS cukup untuk membeli lebih dari 2 kali hasil tambang emas di dunia. Kebayang enggak Be-Emers?

Baca Juga: AS Enggak Jadi Bangkrut, Pemilik Emas Kembali Manyun


Utang AS Jika Ditumpuk, Bisa Bolak Balik ke Bulan!


Jika utang AS sebesar US$31,4 triliun direalisasikan dalam bentuk cash maka tumpukan uang tersebut akan sangat tinggi lho! Sebagai catatan, ketebalan uang dolar AS adalah sekitar 0,11 mm.

Jika US$31,4 triliun lembar uang dolar AS ditumpuk satu sama lain, tumpukan itu akan mencapai ketinggian lebih dari 3,45 juta kilometer.

Jarak bumi ke bulan berjarak sekitar 384.400 km. Itu berarti tumpukan itu bisa mencapai bulan hampir sembilan kali lho Be-emers.

Buset, banyak bener ya Be-emers. Gimana cara AS ngelunasinnya tuh~

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda