Bisnis Kandas? Simak Apa Kata Bill Gates!

Biografi Bill Gates (Foto: gatesnotes.com)

Biografi Bill Gates (Foto: gatesnotes.com)

Like

Siapa yang tak kenal Bill Gates? Seorang miliarder yang menemukan Microsoft di usianya 19 tahun. Ia tidak lulus dari Harvard, meskipun Ibunya senang sekali Bill Gates masuk Harvard. 

Bill Gates lahir di Seattle, 28 Oktober 1995. Apa yang membuat Bill Gates begitu sukses hingga menjadi miliarder dunia? Bukan karena faktor pintar saja ya, yuk simak apa yang kita bisa pelajari dari kehidupan Bill Gates 


Think Week

Sudah tau apa itu Think week? Ini adalah saat dimana Bill Gates memberikan waktu untuk dirinya sendiri. Sejenak melakukan refleksi terhadap apa yang ia lakukan. Ini membuat Bill Gates bisa melihat apa tujuan dalam kehidupannya. 

Kamu bisa melakukan ini dengan solo travelling atau staycation di satu tempat yang kamu sukai. Biasanya lebih baik jika berada di satu tempat yang berhubungan dengan alam, sehingga kamu bisa lebih fresh! 
 

50 Buku Dalam Setahun 

Buku adalah jendela dunia, kata-kata ini mungkin klasik. Namun menurut Bill Gates sendiri, ia menyatakan bahwa inilah yang membuatnya hingga saat ini menjadi orang sukses. 

Saat membaca buku kamu akan mempertajam kemampuan berpikir dan menganalisa apa maksud dari buku tersebut. Selain itu, hal itu dapat menambah ilmu dan memberikan pengaruh yang baik bagi dirimu. 
“Whether, I’m at the office, at home, or on the road, I always have a stack of books. I’m looking forward to reading.”
- Bill Gates
 

Kepintaran Bukan Segalanya

Media sering sekali menuliskan bahwa Bill Gates sedari kecilnya memang pintar. Namun, Bill Gates sendiri berulang kali menyebutkan bahwa ia tidak pintar, namun tekun, dan melakukan hal yang benar-benar ia sukai. 


Bill Gates mengatakan bahwa pintar bukan berarti kamu memiliki banyak kemampuan. Kegagalanlah yang membuat kamu belajar untuk memahami sesuatu, sehingga kamu terlatih dan tidak mengulangin kesalahan. Jadi, jangan setarakan kepintaran dan kemampuan seseorang, ya! 
 

Inovasi 

Inovasi adalah kunci untuk mendapatkan berbagai peluang dalam hidup. Bill Gates sering mengatakan bahwa semua yang ada di muka bumi ini berlalu begitu cepat. 

Jadi, siapapun kamu beradaptasilah dengan perubahan itu agar dapat diterima oleh lingkungan. Khususnya, dalam segi ilmu pengetahuan dan skill ya, Guys!
 

Watch Your Circle! 

Ini sangat penting menurut Bill Gates, dengan siapa kamu bergaul. Ini akan memberikan banyak pengaruh terhadap dirimu, baik dari segi sikap dan cara kamu memandang hidup di sekitarmu. 

Bergaul dengan orang yang progresif, maka kamu ketularan positif dan punya value dalam kehidupanmu! Yuk, mulai perbaiki dan refleksi dirimu. Apakah kamu siap untuk masa depanmu sendiri? 
 

Bangun Link! 

Ini dia lanjutan dari poin di atas! Bergaul dengan orang yang baik, pasti akan memeprtemukan kamu dengan peluang-peluang yang cemerlang dalam kehidupanmu. 

Orang-orang yang progresif pasti dikelilingi oleh sekitarnya yang juga demikian. Bergaul dengan mereka, membuat memiliki visi dan tujuan yang jelas. Bergaul dengan bijak, tentu pasti memberimu dampak yang positif. 
 

Pola Pikir 

Bill Gates mengatakan lahir miskin itu memang diluar kendali kita, tapi membuat hidup kita miskin itu adalah kesalahan terbesar yang kita punya. Menurutnya, pola pikir adalah harta terpenting dalam diri seseorang. Saat kamu berkata kamu bisa, maka kamu akan bisa. Demikian sebaliknya, maka tidak akan bisa. 

Bill Gates gagal berkali-kali saat membangun Microsoft. Ia membangun Microsoft tidak dalam satu hari. Di hari Microsoft diluncurkan, produk itu juga masih memiliki ketidakmampuan. Namun, seni dari tidak pernah berhenti mencobalah itu yang membuat seseorang menemukan silver lining dari karyanya! 
 

Berkomitmen 

Berkomitmen saja dengan mimpimu. Menurut Bill Gates, jika sudah memutuskan ingin menjadi apa, maka tekuni. Seberapa sulitnya tantangan yang dihadapi, tetap jalani. 

Bill Gates katakan tidak ada yang sia-sia selama sesuatu dimulai dengan tujuan yang jelas dan keinginan hati yang gigih. Ia seorang yang pekerja keras dan dermawan hatinya. Di hari Ibu Bill Gates meninggal duni karena sakit kanker, beliau menyampaikan pada Bill Gates untuk terus menginspirasi para pemuda.

Bill Gates menggambarkan kita sosok yang cerdas dan gigih. Paling tidak jika kamu tidak pintar, kamu punya kegigihan untuk mencapai sesuatu. Orang cerdas sekalipun jika tidak gigih maka peluang tidak akan sampai kepadanya. 
 

“Embrace bad news to learn where you need the most improvement.” 
- Bill Gates