Pelajari Prinsip Hidup Sederhana Keluarga Miliarder Nomor Satu Indonesia 

Biografi Hartono Bersaudara

Biografi Hartono Bersaudara

Like

Sudah pernah dengar perjalanan Hartono bersaudara? Mereka sebenarnya tidak kaya dari lahir. Orang tuanya mewariskan pabrik rokok pada kedua anaknya. 

Namun, pada tahun 1963 terjadi musibah kebakaran yang mengakibatkan perusahaannya hampir bangkrut. Untung saja mereka bekerjasama, berusaha mencari dana dan mebangkitkan kembali usaha mereka yang nyaris punah. 

Apa sebenarnya yang mereka lakukan dan terapkan dari waktu ke waktu? Yuk simak bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka. 


Selalu Berinovasi 

Setelah musibah kebakaran, mereka berusaha, dan bisnis mereka kembali lagi. Tidak tinggal diam, Hartono bersaudara yaitu Budi Hartono dan Bambang Hartono segera berinovasi dengan merambah pasar internasional. Tentunya mereka melakukan itu untuk menambahkan nilai aset mereka. 

Tidak berhenti sampai disitu. Melihat kesuksesan bisnis mereka, PT. Djarum kemudian berinvestasi untuk menggunakan mesin, agar produksi mereka semakin terkendali. 

Bisnis mereka semakin berkembang, mereka mulai untuk menginvestasikan perusahaan mereka ke bidang perbankan. Saat ini kekayaan mereka banyak didapatkan dari PT. BCA. 


Selain itu inovasi mereka meluas hingga memiliki bisnis di bidang perhotelan, properti, agrobisnis hingga elektronik. Mereka juga menguasai GDI (Global Digital International) dan memiliki media daring yaitu Kumparan. 

Cara mereka berinovasi mengajarkan anak muda untuk tidak gampang merasa aman dengan apa yang kalian miliki. Saat ini mereka masuk dalam urutan ke -100 orang terkaya di dunia. Budi Hartono memiliki kekayaan sebesar US$ 6,49 dan Michael sebesar US$ 6,26. 


Mengejar Pendidikan 

Hartono bersaudara memiliki anak-anak yang semuanya lulusan universitas luar negeri. Ayah dan pamannya hanya tercatat pernah berkuliah di Universitas Diponegoro saja. Meskipun memiliki orang tua miliarder, tidak membuat mereka santai dan menikmati hidup. 

Victor Hartono, Martin Hartono, sampai Armand Wahyudi Hartono inilah anak dari Budi Hartono. Mereka semua mengenyam pendidikan di luar negeri dari University California, Harvard, hingga University Stanford. 


Hidup Sederhana 

Mereka hidup sederhana dan jarang sekali muncul melalui media. Kehidupan mereka sangat jauh dari sorotan publik. Sehingga, bisa jadi kalian tidak mengenal mereka saat bertemu, lho!

Budi dan Bambang Hartono masih saja berlangganan makan di warung kecil Tahu Pong, Semarang. Anak-anak mereka terlatih untuk hidup mandiri dan sederhana. Armand Hartono, wakil direktur BCA sangat dikenal sederhana oleh para karyawannya. Bahkan, Ia tidak malu makan di kantin bersama karyawan. 

Sedari dini, mereka memang diajarkan untuk berhemat. Jika ada uang lebih atau pemasukan, mereka akan lebih menggunakannya untuk investasi dan mengembangkan bisnis. Dilansir melalui Bisnis.com, Bos Djarum mengatakan bahwa hampir semua orang kaya di Indonesia mendapatkan kekayaannya dari saham. 

Jadi, gimana sudahkah kamu melek finansial? Kapan kamu akan mulai berinvestasi dan memulai bisnis? J

ika kamu bingung mau memulai dari mana untuk bisnis, simak saja berbagai inspirasi bisnis di Bisnis Muda. Nah, untuk kamu yang mau memulai belajar saham, ini sekumpulan cara-cara untuk memulai investasi di saham.