Threads Instagram, Platform Saingan Twitter Persembahan Meta!

Logo Threads (Sumber gambar: pribadi)

Logo Threads (Sumber gambar: pribadi)

Like

Hai Be-emers, sudah dapat notifikasi belum dari instagram tentang Threads? Atau mungkin temanmu baru saja ada yang menggunakan?

Jadi, setelah huru hara twitter yang mengandung banyak kontroversi terkait pembatasan tweet yang bisa dibaca pengguna twitter, akhirnya Mark Zuckerberg dan tim meluncurkan aplikasi bernama Threads Instagram per 6 Juli 2023, meskipun sudah sejak 2021 diumumkan.

Aplikasi ini disinyalir sangat mirip dengan twitter. Pengguna instagram banyak yang sudah mulai berbondong-bondong menggunakan aplikasi keluaran Meta terbaru ini. 

Fitur yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup menarik dan ringan, dengan logo mirip seperti @ (at) berwarna putih dengan dasar hitam.

Threads terkoneksi dengan instagram, sehingga memudahkan penggunanya untuk daftar akun sesuai dengan profil instagram.


Kemudahan untuk melakukan sinkronisasi data antara instagram dan threads membuat banyak pengguna instagram untuk menjajalnya sejak diluncurkan beberapa jam yang lalu di Indonesia. 

Aplikasi keluaran perusahaan Meta ini memang berbeda dengan yang sebelumnya seperti instagram dan facebook yang mengutamakan gambar serta video.
 

Threads by Instagram (Foto: Variety)

Threads by Instagram (Foto: Variety)


Threads lebih berdasarkan pada tulisan, dengan karakter yang lebih banyak dibandingkan dengan twitter yang belum terverifikasi yaitu maksimal 500 karakter. Video juga dapat diunggah sepanjang 5 menit. Wow, panjang juga yah, Be-mers. 

Untuk fitur yang disediakan oleh Threads sangat mirip dengan twitter, terdapat simbol Home, pencarian, ruang untuk membuat unggahan baru, tanda hati untuk melihat notifikasi yang masuk ke akun pengguna, serta logo orang yang memungkinkan pengguna melihat profilnya.

Tidak mengenal iPhone maupun android, semua pengguna smartphone bisa mengunduh Threads dan menggunakannya tanpa batasan.

Hampir semua negara, bisa mengunduh aplikasi terobosan Meta ini, kecuali Uni Eropa karena beberapa negaranya sangat menjaga privasi data warga negaranya.

Meskipun demikian, dalam hitungan jam Threads sudah diunduh lebih dari 5jt pengguna dalam waktu 4 jam sejak diluncurkan. Wow, antusiasme yang luar biasa Be-mers. 

Saat ini, banyak akun yang sudah terverifikasi di instagram menggunakan Threads, hal ini membuat aplikasi ini semakin banyak diunduh di Indonesia. Menarik sekali yah, Be-mers, kamu sudah download belum nih?

Pasti cocok untuk kamu yang sebelumnya adalah pengguna twitter karena beberapa kesamaan. Meskipun demikian, pastinya Threads tidak lepas dari kekurangan, karena setiap aplikasi yang berbasis teknologi tentu saja perlu terus berinovasi mengikuti perkembangan. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.