Apakah Blockchain adalah Bitcoin? Yuk Simak Penjelasannya

Blockchain adalah Bitcoin? (Foto: pixabay.com)

Blockchain adalah Bitcoin? (Foto: pixabay.com)


Blockchain adalah teknologi yang mengedepankan sistem desentralisasi database yang saling dihubungkan dengan kriptografi. 

Ibaratnya seperti penyimpanan data yang terstruktur berdasarkan blok-blok yang sudah ditetapkan untuk menjamin transparansi dan efisiensi.

Jadi, data yang dimasukkan ataupun yang dikeluarkan dapat diakses seluruh anggota. Namun, riwayat tidak pernah bisa dihapus. 

Blockchain merupakan teknologi, sedangkan Bitcoin adalah suatu bentuk satuan mata uang online yang biasanya disebut cryptocurrency. 

Apa hubungannya dengan Blockchain? Jenis mata uang digital ini menggunakan sistem yang disebut blockchain untuk menjalankan sistem transaksinya. 


Saat ini Bitcoin memang sedang digarap dan dikembangkan, simak salah satu artikel Bisnis.com terkait pegerakan Bitcoin di Indonesia. Lalu, apa fungsi dari blockchain dan bagaimana penerapannya?


Catatan digital 

Fungsi sebenarnya lebih dari catatan digital. Catatan digital tersebut digunakan untuk menghubungkan semua orang dalam satu jaringan yang sama. Sehingga, tidak perlu rumit lagi untuk mencari-cari riwayat seseorang ataupun data transaksi. 

Sistem ini bekerja lebih detail, tidak bisa diubah hanya bisa menambahkan dan diakses bersama. Untuk itu dengan sistem ini transparansi dan efektifitas bisa berjalan bersamaan. 

Jaringan ini juga didukung dengan smart contract. Sehingga, tidak sembarangan orang bisa mengakses dan masuk ke dalam jaringan.

Hanya saja, jika terdapat masalah pada satu jaringan, maka akan mempengaruhi keseluruhan komputer yang terhubung pada jaringan tersebut. 


Dunia Kesehatan

Sistem blockchain sangat menguntungkan bagi fasilitas kesehatan antara masyarakat dan rumah sakit. Memudahkan mereka untuk melakukan pencatatan riwayat penyakit dan obat yang dikonsumsi.

Ini juga menghindari adanya kesalahan dalam diagnosis dan tindak lanjut operasi. Sehingga, keputusan fatal dalam mengambil keputusan bisa diminimalisir. 


Perusahaan Finansial

Begitu halnya dengan dunia finansial, teknologi blockchain ini digunakan sejumlah perusahaan besar. 

Perusahaan keuangan dan bank berinvestasi pada teknologi ini, untuk mempermudah proses transaksi internasional, hingga keamanan data transaksi yang tidak bisa dimanipulasi. 


Dunia Pendidikan

Sistem penilaian, sertifikasi, dengan teknologi blockchain akan membuat dunia pendidikan mampu menjangkau sistem dan standar pendidikan, hingga mutu bangsa Indonesia. 

Pendidikan menjadi terjamin dan lebih mudah untuk diakses, sehingga sistem pengajaran dapat terpusat dan memiliki standar yang sama.


Pasar Saham dan Reksa Dana

Bagaimana sistem blockchain jika diimplementasikan dalam sektor saham? Ini dapat lebih memudahkan proses komunikasi antara pembeli dan pemilik saham.

Sehingga, kemunculan teknologi ini dapat mengurangi jumlah karyawan pada suatu perusahaan saham. Saat ini banyak sekali trader saham online bukan? 

Tapi, untuk kalian yang baru saja memulai berinvestasi. Sebaiknya, memilih saham-saham Blue chip. Ini sudah pasti terjamin keamanannya. 

Jadi, sudah jelas kan? Blockchain itu bukan hanya bitcoin! Saran dari Bisnis Muda, untuk saat jika kamu pemula, ada baiknya jika melakukan investasi di reksa dana terlebih dahulu. 

Mengapa? Yuk, simak mengapa harus investasi di reksa dana