7 Cara Menjadi Orang Sukses bagi Anak Muda!

Cara menjadi orang sukses (Foto: pixabay.com)

Cara menjadi orang sukses (Foto: pixabay.com)

Like

Sadarkah kamu banyak orang sukses tidak benar-benar merasa mereka sukses? Hasil dari penelitian menyatakan bahwa mereka yang sudah sukses selalu memikirkan produktivitas yang dapat bermanfaat bagi orang lain. 

Karena dengan begitulah cara mereka untuk selalu bahagia bukan karena materi, namun karena mereka dapat bernilai bagi sesama.

Gimana? Apakah kalian sudah memiliki pola pikir seperti ini? Definisi sukses setiap orang tentunya berbeda. Ini dia cara menjadi orang sukses dari Bisnis Muda untuk kamu!


Proaktif

Seperti buku 7 Highly Effective People, mereka yang sukses selalu bersikap proaktif. Orang yang sukses tidak pernah takut, karena mereka memiliki kemampuan problem solving dan selalu melihat sesuatu dengan perspektif yang berbeda.

Proaktif, bukan sekedar aktif memberi diri untuk menolong, namun didasari dengan tujuan dan tekad yang baik untuk berkontribusi. Selalu berpikir bagaimana menyelesaikan masalah dan menciptakan sistem yang efektif.


Disiplin Menghargai Waktu 

Apakah kamu sering mengeluh dan menyesal? Ini bisa jadi karena Anda tidak memaksimalkan waktu dengan baik. Coba lihat circle pergaulanmu, apakah sudah cukup memotivasi dan memberi hal positif untukmu? 


Ingat, orang sukses cenderung memiliki pemikiran jangka panjang. Inilah alasan mengapa mereka selalu punya target dan task list tahunan untuk membuat visi dan waktu mereka terjaga. 


Konsisten 

Bicara konsisten ini tidak selalu tentang kerja keras. Namun, bagaimana melihat dan mengevaluasi perkembangan dalam diri. Apakah kamu sudah cukup terbuka dan bertumbuh positif secara mental? 

Semangat dan mental yang sehat selalu didapat dari berbagai inspirasi. Apa yang kamu baca itu pasti mempengaruhi cara berbicara, bergaul sampai berpikir. 

Konsisten membaca bisa membuatmu lebih percaya diri dalam bergaul, melatih konsentrasi, dan pastinya berkembang secara kognitif. Ingat menurut riset, orang yang sukses cenderung memiliki EQ (Emotional Quotient/Emotional Intelligence).


Sistem Mengatur Keuangan yang Baik

CEO Facebook mengatakan bahwa “The goal is not to look rich, but to be rich”. Meskipun penampilan penting, namun bijaklah untuk mengatur akuntabilitas keuangan kamu. Nah, untuk ini kamu bisa belajar dari Amancio Ortega, pemilik Zara miliarder dunia yang hidupnya sangat sederhana! 

Orang sukses cenderung mencoba sesuatu hal baru yang bernilai, sehingga bisa dibilang mereka orang yang multitasking. Uang menjadi suatu alat untuk mengembangkan dirinya, contohnya mulai berbisnis, investasi saham, hingga sedekah. 


Integritas 

Orang sukses jarang menghiraukan sesuatu yang tidak penting untuk perkembangan diri mereka. Ini dikarenakan mereka memiliki visi dan integritas dalam dirinya. 

Cenderung objektif dan observatif dalam melihat sesuatu dengan data dan memberi pendapat.Mereka menghargai pendapat, cenderung mendengarkan untuk memahami bukan menjawab. 

Memiliki sikap positif ini tentunya membuat orang tertentu disegani. Bukan karena kesuksesan, jabatan atau kekayaan, namun karena sikap positif dalam dirinya. 


Goal-Oriented

Sering terjebak dalam sikap perfeksionis? Ingat performance jauh lebih penting dari sekedar sempurna. Memahami tujuan, mengapa melakukan sesuatu dan apa yang ingin dicapai membuat seseorang semakin memperhatikan kualitas dirinya. 

Seseorang yang perfeksionis biasanya memperhatikan hasil akhir dan cenderung fokus pada format. Sedangkan orang yang memperhatikan performance, melihat sisi pengembangan dan inovasi, serta tujuan. 

Baca Juga: Ide Bisnismu Sudah Diambil? Simak Cara Berpikir Nadiem Makarim!


Healthy lifestyle 

“Mens Sana in Corpore Sano” yang artinya di dalam tubuh yang baik terdapat jiwa yang sehat. Kesehatan adalah investasi terbaik dan wajib untuk selalu dijaga.

Tidak ada mimpi yang mudah untuk didapatkan. Namun, untuk menghadapi tantangan dan proses belajar, kamu juga harus selalu memperhatikan kesehatan fisik dan mental.

Makan makanan yang sehat untuk menjaga ketahanan tubuh. Agar kamu selalu fit dan siap menyikapi tantangan yang datang

Ingat! Alibaba dibangun tidak dalam sehari, hal yang sama juga dalam perjalanan menempuh kesuksesan kita. Ini kata Jack Ma, Founder and Chairman of Alibaba Group. 

“Before 20 years old be a good student. Before 30 years old, follow a good boss. From 30 to 40, work for yourself. From 40 to 50, do what you are good at. From 50 to 60, work for the young people. Over 60, spend time for yourself!” 

Jack Ma