Gen Z, Yuk Mulai Atur Keuangan yang Sehat untuk Masa Depan!

Gen Z Atur Keuangan Yang Sehat

Gen Z Atur Keuangan Yang Sehat

Like
Gen Z ini tumbuh di era digital dan dikenal nyaman dengan teknologi dan media sosial.
 
Literasi keuangan bagi Gen Z menjadi salah satu hal sangat penting, faktanya Gen Z lebih sulit mengatur keuangan dengan bijak.
 
Rata-rata Gen Z membiayai kebutuhan hidup dari uang gaji dan mereka memiliki kekhawatiran tidak mampu menutupi pengeluaran mereka. 
 
Perilaku keuangan Gen Z masih lebih fokus pada kebutuhan saat ini saja tanpa memperhitungkan kebutuhan esok hari atau yang akan datang.
 
Padahal, nantinya peran Gen Z ini harus mampu menjadi titik tumpu kemajuan suatu bangsa. Maka dari itu, pentingnya literasi keuangan bagi Gen Z sebagai bekal untuk mengelola keuangannya dengan bijak. Gen Z harus hemat mulai dari sekarang.
 

Tips sederhana yang bisa dilakukan sehingga menjadi kebiasaan oleh Gen Z

 
Pertama, Gen Z harus menabung sedari dini dan harus punya komitmen. Kedua, Gen Z harus mampu mengelola keuangan termasuk pemasukan untuk memenuhi kebutuhan. Terakhir, pentingnya memiliki dana darurat, karena untuk masa depan. 
 
Salah satu cara terbaik bagi Gen Z untuk mengelola keuangannya secara efektif adalah dengan kebiasaan, baik membuat anggaran seminggu sekali atau sekali atau dua kali dalam sebulan, dengan membuat anggaran secara konsisten dapat membantu mengelola keuangan lebih baik.

Baca Juga: BI Checking Merah, Ini Alasan Gen Z Lebih Suka Berhutang!
 
Cara lain untuk Gen Z adalah menghindari menghabiskan lebih banyak uang daripada yang mereka hasilkan. Saat ini banyak yang memiliki kartu kredit yang membantu Gen Z untuk mendapatkan pinjaman mobil dan hipotek rumah, sehingga dapat menimbulkan masalah keuangan bagi Gen Z. 
 
Mengapa Gen Z kebanyakan sulit menabung? Faktor yang menyebabkan Gen Z sulit menabung adalah faktor usia, artinya Gen Z ini belum pernah melewati masa krisis ekonomi, sehingga mereka dengan mudah untuk menghambur-hamburkan uang. 
 
Sebenernya boleh saja Gen Z menggunakan uangnya, namun disisi lain mereka juga perlu mencoba belajar mengenai investasi di masa depan.
 
Jadi mulai saat ini, kamu khususnya Gen Z harus bisa lebih cermat dalam mengatur dan menggunakan keuangan. 
 
Mari kita patahkan anggapan bahwa Gen Z rentang terlilit utang. Jadilah generasi yang bijak dalam mengatur keuangan, selalu utamakan kebutuhan bukan keinginan. 
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.