Bagaimana Peran Meditasi untuk Kesehatan Mental?

Meditasi (sumber gambar: google)

Meditasi (sumber gambar: google)

Like

Rutinitas sehari-hari bisa saja menjadi pemicu munculnya stress. Banyak orang mencari cara untuk menjaga kesehatan mentalnya. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mencoba melakukan meditasi agar lebih tenang.

Apakah meditasi efektif mengurangi stress kamu? Simak dulu yuk arti dan manfaatnya.

Meditasi atau semedi merupakan sebuah praktik kuno yang telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meskipun usianya berabad-abad, praktik ini masih digemari banyak orang di seluruh dunia.

Ini karena meditasi memiliki banyak manfaat diantaranya bagi kesehatan otak dan kesejahteraan secara keseluruhan. Seiring jaman dengan bantuan teknologi modern yang ada pada saat ini, para peneliti terus mengembangkan pemahaman tentang bagaimana meditasi dapat lebih efektif membantu manusia. 

Meditasi juga dapat diartikan sebagai teknik menjernihkan pikiran guna mempertajam fokus dan perhatian. Praktik ini relatif mudah dilakukan, yaitu hanya dengan memejamkan mata lalu mengatur pernapasan untuk membuang seluruh emosi negatif.


Teknik yang mudah ini sangat mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang, nyaman, dan tentunya menjadi lebih produktif. 

Tak sampai disitu saja, nyatanya meditasi melibatkan pemusatan atau penjernihan pikiran menggunakan kombinasi teknik mental serta fisik.

Beberapa agama seperti Hindu dan Buddha juga mempraktikkan meditasi. Selain menjadi sarana ritual keagamaan, meditasi dipercaya memiliki manfaat untuk teknik psikoterapi.

Pastinya, meditasi pun telah dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun kesehatan mental.
 
Meditasi terdiri dari beberapa jenis, kamu dapat menentukan tujuan bermeditasi. Ada yang melakukan nya untuk bersantai, mengurangi kecemasan dan stres, dan banyak manfaat lainnya.

Beberapa orang bahkan melakukan meditasi untuk membantu meningkatkan kesehatan, seperti terapi untuk terlepas dari kebiasaan merokok.
 
Jika kamu melihat seseorang yang sedang bermeditasi, seperti tidak melakukan apa pun selain bernapas atau mengulang-ulang suara atau frasa. Namun, yang tidak kamu lihat yaitu di dalam otak mereka, ceritanya sangat berbeda.

Penelitian menemukan fakta bahwa teknik meditasi dapat berdampak positif pada otak dan kesehatan mental.


Manfaat Meditasi


Pada dasarnya meditasi mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut:
 
  1. Mencegah dan meringankan stres
  2. Mengatur emosi dan melatih pikiran positif
  3. Mengurangi rasa nyeri
  4. Mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap normal
  5. Membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan membantu mengatasi insomnia
  6. Mencegah pikun
  7. Memperkuat daya tahan tubuh
  8. Penurunan gejala kecemasan, depresi, atau gangguan stres pasca trauma (PTSD) .
  9. Peningkatan kemampuan berpikir, berkonsentrasi dan memecahkan masalah.
  10. Kemampuan yang lebih baik untuk beradaptasi dan mengatasi masalah emosional


Jenis Meditasi


1. Meditasi Konsentrasi


Meditasi konsentrasi merupakan meditasi yang melibatkan fokus pada hal tertentu serta harus mengabaikan semua hal lain yang berada di sekitar.

Tujuan meditasi ini adalah untuk mengalami apa pun yang sedang di fokuskan, seperti napas, kata tertentu, ataupun mantra, yaitu untuk mencapai fokus lebih tinggi.
 

2. Meditasi Mindfulness
 

Meditasi mindfulness biasanya dikhususkan untuk mengatasi masalah seperti depresi, yang artinya fokus akan berbeda dari satu praktik ke praktik lainnya. Intinya, meditasi ini dilakukan dalam keadaan sadar, sehingga membuat diri lebih terbuka.

Banyak orang mengira bahwa untuk melakukan praktik meditasi diperlukan ruangan tenang dan musik khusus. Padahal, meditasi bisa dilakukan kapan saja, misalnya saat menunggu bus datang, istirahat di sela waktu kerja, atau di tengah kemacetan lalu lintas. 
 
Meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.Sesimple itu ya Be-emers. Aktivitas ini benar-benar mudah dan tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus.
 

Cara Kerja Meditasi
 

Saat kamu sedang stres, tubuhmu akan melepaskan hormon stres yang bisa menyebabkan berbagai efek pada tubuh, contohnya meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, menimbulkan rasa cemas dan susah tidur, serta memengaruhi libido dan nafsu makan.
 
Hebatnya lagi, meditasi juga memiliki cara kerja yang efektif dalam mengaktifkan gelombang gamma di otak, yang berperan penting dalam proses belajar, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran.
 
Berbagai manfaat meditasi untuk kesehatan telah dilakukan selama ribuan tahun di berbagai negara, seperti Cina dan sebagai pengobatan Ayurveda di India. 
 
Meski demikian, penting untuk diingat bahwa peran meditasi tidak bisa menggantikan metode pengobatan medis dalam menangani penyakit tertentu.

Oleh karena itu, jika memiliki penyakit tertentu dan ingin mencoba meditasi untuk meringankan gejala yang dialami, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.
 
Ada yang mau coba? Jadikan meditasi sebagai bagian dari aktivitas rutin setiap hari. Namun, ingat, untuk memelihara kesehatan tubuh, kamu juga perlu asupan gizi seimbang,beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan menjauhi rokok.

Stay healthy ya Be-emers.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.